Breaking News:

Arus Balik

Irjen Fadil Imran Temukan Dua Orang Positif Covid-19 saat Tes Antigen di KM 34 Tol Japek

Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan secara acak kepada pengemudi dan penumpang yang melintas di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rangga Baskoro
Random sampling swab antigen di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, Minggu (16/5/2021). Pada tes itu ditemukan dua orang pemudik yang positif Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan secara acak (random sampling) kepada pengemudi dan penumpang yang melintas di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, yang mengarah Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan random sampling menggunakan swab antigen merupakan bagian dari kegiatan Operasi Ketupat Jaya 2021 guna memerikan kesehatan pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek.

"Tim terpadu untuk melakukan random sampling pengecekan apakah pemudik yang melintas ini dinyatakan non-reaktif atau reaktif, baru saja menyelesaikan evaluasi pelaksanaan pagi hari ini," kata Fadil, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Jaya Siapkan 12 Pos Pemeriksaan Pemudik Arus Balik dengan Alat Tes Antigen

Baca juga: Arus Balik, Pemudik dari Arah Karawang akan Diperiksa Rapid Tes Antigen Gratis

Selain di KM 34, random sampling juga dilakukan di beberapa titik yang dilintasi oleh pemudik, seperti di jalur pantura, perbatasan antara Kabupaten Karawang dan Bekasi.

Sejak pagi tadi, petugas telah mengambil sebanyak 110 sampel pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek.

"Ada dua orang yang positif di jalur arteri sampai saat ini, sedangkan yang dilakukan tes swab antigen di jalur Tol Cikampek kilometer 34, sampai saat ini belum ada yang reaktif," tuturnya.

Fadil menjelaskan pengambilan random sampling akan dilakukan hingga tanggal 24 Mei 2021 mendatang, dan dipertimbangkan untuk diperpanjang mana kala masih banyak pemudik yang melintas.

"Operasinya akan berlangsung sampai tanggal 24 Mei, namun jika dievaluasi bahwa jumlah pemudik masih cukup banyak, bisa diperpanjang kembali sampai tanggal yang akan ditentukan kemudian," katanya.

"Karena kita menyadari bersama larangan mudik akan selesai tanggal 18 Mei nanti, pasti jumlah orang yang kembali  menuju Jakarta setelah itu akan meningkat, nah itu kita akan evaluasi terus setiap harinya," imbuh Fadil.

Menurut Fadil, pihaknya menyediakan sebanyak 31.000 alat swab antigen selama Operasi Ketupat Jaya digelar hingga 24 Mei 2021 mendatang.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved