Breaking News:

Arus Balik

Ditlantas Polda Metro Jaya Siapkan 12 Pos Pemeriksaan Pemudik Arus Balik dengan Alat Tes Antigen

Menghadapi arus balik Lebaran 2021, Polda Metro Jaya membuat 12 pos pemeriksaan dokumen para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Valentino Verry
Warta Kota
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya menyiapkan 12 pos pemeriksaan bagi pemudik arus balik. Di pos tersebut juga sediakan tes swab antigen gratis. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menghadapi arus balik Lebaran 2021, Polda Metro Jaya membuat 12 pos pemeriksaan dokumen para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, di 12 pos pemeriksaan itu pihaknya juga menyediakan tes swab antigen gratis.

"Ada 12 titik pemeriksaan dokumen terkait bebas Covid-19 yang kita siapkan mengantisipasi arus balik Lebaran. Jika memang tidak membawa surat bebas Covid-19, akan kita lakukan tes swab antigen ke para pemudik yang kembali," kata Sambodo, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Arus Balik, Pemudik dari Arah Karawang akan Diperiksa Rapid Tes Antigen Gratis

Baca juga: Pengetatan Arus Balik Lebaran, Terminal Kalideres Siagakan Tenaga Medis untuk Tes GeNose

Ia menjelaskan, 12 titik pos pemeriksaan tersebut akan disiapkan di terminal bus, jalan tol, serta jalan arteri.

Untuk pemeriksaan dokumen di jalan tol akan tersedia di KM 34b Tol Cikampek menuju Jakarta.

Khusus untuk di terminal, titik pemeriksaan terdapat di dua tempat yakni di Terminal Bus Pulogebang dan Terminal Bus Kalideres. 

Sementara untuk di jalan arteri, tersebar di sembilan titik yang ada di Depok, Tangerang Selatan sampai dengan Kabupaten Bekasi.

Bagi warga yang tidak membawa kelengkapan surat bebas Covid-19, nantinya akan dilaksanakan swab antigen di titik pemeriksaan. 

"Jika hasilnya reaktif, maka akan langsung dialihkan ke RSD Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta untuk menjalani isolasi mandiri sampai dengan hasil swab antigen kembali negatif," kata Sambodo.

Baca juga: Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Siapkan Tes Swab Antigen di Jalur Pantura saat Arus Balik Besok

Baca juga: Antisipasi Arus Balik Mudik Lebaran, Polri Minta Warga Siapkan Keterangan Tes PCR atau Swab Antigen

Dalam membawa pemudik yang reaktif, kata Sambodo pihaknya berkoordinasi dengan Pemda setempat, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved