Breaking News:

Berita Bekasi

Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Siapkan Tes Swab Antigen di Jalur Pantura saat Arus Balik Besok

Tes swab antigen untuk pemudik di Jalur Pantura Cikarang Timur  terhadap pemudik yang kembali ke Bekasi dan Jakarta, Minggu (16/5/2021).

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Dok Humas Polres Metro Bekasi
Wakil Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Hendra Gunawan saat melakukan pengecekan titik lokasi tes swab antigen saat arus balik mudik di PT NCS Jalur Pantura Jalan Rengas Bandung, Desa Tanjungbaru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Sabtu (15/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi menyiapkan lokasi tes swab antigen bagi pemudik.

Tes swab antigen itu dilakukan di Jalur Pantura Cikarang Timur  terhadap pemudik yang kembali ke Bekasi dan Jakarta, Minggu (16/5/2021).

Wakil Satgas Covid--19 Kabupaten Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan, lokasi tes swab antigen itu akan disiapkan di Halaman Gudang PT NCS Jalur Pantura Jalan Rengas Bandung, Desa Tanjungbaru, Kecamatan Cikarang Timur.

"Jadi mulai besok Minggu, para pemudik dari kampung halaman diarahkan masuk ke area itu untuk dilakukan swab antigen," kata Hendra, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Pemudik di Pelabuhan Bakauheni yang Positif Covid-19 Bakal Langsung Disolasi, Lampung Siapkan Tempat

Baca juga: Airlangga Hartarto Terapkan PPKM Mikro untuk Mengantisipasi Pemudik Terinfeksi Covid-19

Hendra Gunawan yang juga Kapolres Metro Bekasi itu mengatakan, pemudik yang hasil reaktif atau positif akan langsung dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dirawat.

Mereka tidak diperkenankan kembali ke rumahnya dan harus menjalani perawatan terlebih dahulu.

"Jadi proses mereka yang enggak bisa menunjukkan hasil swab antigen, maka langsung diarahkan untuk dites, jika positif akan langsung mendapatkan tindakan lanjutan," ujarnya.

Menurut dia, tujuannya dilakukan swab antigen saat arus balik untuk memastikan para pemudik yang kembali itu benar-benar negatif dari virus Covid-19.

Baca juga: PERHATIAN! Bagi Pemudik yang Sudah Tiba di Jakarta, Harap Mendata Diri ke Pengurus RT/RW

Baca juga: 1,5 Juta Pemudik Tinggalkan Jabodetabek di Tengah Larangan Mudik Lebaran 2021

Polda Metro Jaya telah meminta bantuan alat swab antigen sebanyak 480.000 berasal dari Pemprov DKI Jakarta.

“Pokoknya dipastikan mereka yang datang seusai mudik harus dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Harapannya, aksi itu dapat menekan angka penyebaran virus corona dari para pemudik.

“Kita tidak ingin terjadi peningkatan kasus Covid-19 pasca-mudik Lebaran ini," katanya.

Sementara mereka yang lolos skrining kesehatan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas tingkat kecamatan, desa/ kelurahan hingga RT RW untuk melakukan pendataan warga yang mudik.

"Jadi warganya yang abis mudik wajib bisa menunjukkan hasil negatif swab antigen. Jika tidak maka akan diarahkan ke pihak puskesmas melakukan tes," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved