Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

MUI Kota Bekasi Anjurkan Anggota DKM Masjid Gabung dengan Satgas Covid-19 tingkat RW

penyelenggaraan salat tarawih di masjid di Kota Bekasi dapat dilakuka apabila wilayah RW tersebut berada di zona hijau.

(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Suasana sepi di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (23/4/2020). Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masjid Istiqlal ditutup untuk umum sehingga tidak menggelar Shalat Tarawih dan aktivitas lainnya pada bulan Ramadhan 1441 Hijriah. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menyetujui dilaksanakannya ibadah salat tarawih berjamaah di masjid.

Namun, penyelenggaraan salat tarawih di masjid Kota Bekasi itu dapat dilakuka apabila wilayah RW tersebut berada di zona hijau.

Hasnul Pasaribu, Sekretaris MUI Kota Bekasi menjelaskan, pengurus RW diharapkan bisa aktif mempebarui kondisi zona di wilayahnya.

"Iya betul dan diupdate per minggu. Dia harus aktif nanya perkembangan zona wilayahnya. Misalnya sekarang hijau, tapi seminggu lagi kuning, itu harus hati-hati," kata Hasnul saat dikonfirmasi, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Jumlah RT Zona Hijau Diklaim Capai 96 Persen, Pemkot Bekasi Perbolehkan Salat Tarawih di Masjid

Baca juga: Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Janji Siapkan MoU Revitalisasi Pasar Sukatani yang Rusak dan Bau

Selain itu, untuk mempermudah pembaruan data, MUI Kota Bekasi menyarankan agar pengurus DKM masjid juga bergabung dalam satgas covid-19 tingkat RW.

"Makanya biasanya kan satgas ada di lingkup RW, itu diperlebar agar kami sarankan pengurus DKM masjid juga jadi Satgas RW," ucapnya.

Kondisi kewilayahan juga diharuskan selalu dipantau agar ketika berada zona merah, RW tersebut bisa langsung menghentikan kegiatan salat tarawih berjamaah.

"Itu yang kami sarankan, agar saat orang-orang yang masuk salat isya dan lanjut tarawih, agar mereka mengontrol warganya sendiri."

"Makanya ini harus dilibatkan juga anggota DKM, atau kalau perlu DKM-nya bentuk satgas sendiri dan pantau terus perkembangan zona wilayahnya. Harus rutin tanya kelurahan," kata Hasnul.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengizinkan RT zona hijau di wilayahnya menggelar salat tarawih berjamaah di masjid pada Ramadan mendatang.

Baca juga: VIDEO Harga Daging Sapi Impor di Bekasi Diprediksi Naik hingga Rp 140.000 per Kilogram saat Puasa

Baca juga: Diprediksi Naik, Minat Pembeli Daging Sapi Jelang Puasa di Pasar Baru Bekasi Justru Cenderung Turun

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved