Breaking News:

Virus Corona

UGM Terus Sempurnakan GeNose untuk Tingkatkan Akurasi Agar Hasilnya Bisa Setara dengan Swab PCR

Peneliti UGM terus berupaya menyempurnakan GeNose untuk meningkatkan akurasi agar hasilnya bisa setara dengan Swab PCR.

KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA
GeNose pendeteksi Covid-19 karya ahli UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. (Foto Dokumentasi Humas UGM) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Alat skrining atau deteksi Covid-19 GeNose terus dikembangkan dan dimutakhirkan agar menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang membutuhkan hasil test corona.

Alat deteksi Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada ini masuk dalam tahap penyempurnaan.

Para peneliti UGM berupaya meningkatkan akurasi GeNose agar tingkat akurasi hasil testnya bisa setara dengan Swab PCR.

Ketua Tim Peneliti GeNose, Kuwat Triyana, mengatakan penyempurnaan GeNose dilakukan di sisi artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan prosedur operasi standar penggunaan alat.

“Kami berupaya mengembangkan akurasi GeNose dengan menambah kemampuan sensitivitas dan spesifitas. Jika itu sudah dimutakhirkan akan berdampak pada tingkat akurasi GeNose yang semakin tinggi,” ujar Kuwat dalam siaran pers, Jumat (26/2/2021).

Kuwat menambahkan saat ini para peneliti GeNose UGM sedang fokus pada aspek kontamintasi yang dapat menyebabkan sensitivitas GeNose terganggu.

Baca juga: Wishnutama Setuju dengan Presiden Jokowi, Kedaulatan dan Kemandirian Digital Merupakan Keharusan

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Sabtu 27 Februari, BMKG: Waspada Potensi Banjir di Jakarta bagian Selatan

Misal, jika seseorang yang baru saja merokok sebelum dites, GeNose akan secara memperbarui sampel setiap hari berdasarkan tipe hembusan napas tiap masing-masing orang.

Hal serupa juga dikatakan peneliti GeNose lainnya, Dian K Nurputra. Ia mengatakan bahwa secara teknologi dan teknik, mesin GeNose telah mutakhir.

Meski demikian, saat ini peneliti masih menyempurnakan kecerdasan buatan yang menjadi otak dari alat deteksi Covid-19 tersebut.

Penggunaan GeNose di stasiun dan bandara akan menghimpun data-data baru bagi pengembangan kecerdasan buatan yang semakin akurat.

Baca juga: UPDATE Tinggi Muka Air Sabtu 27 Februari 2021: Semua Pintu Air Siaga 4, Kecuali Pasar Ikan

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved