VIDEO Jalur Sepeda Permanen di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Pembatas Jalur Berfungsi Jadi Pot Tanaman

Pemprov DKI Jakarta tengah membangun jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin. Pembatas jalur sepeda permanen ini terbuat dari beton.

Penulis: Henry Lopulalan | Editor: Murtopo
Wartakotalive.com/Henry Lopulalan
Pembatas jalur sepeda permanen sudah dipasang di Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021). 

WARTA KOTA, JAKARTA -- Pembatas jalur sepeda permanen sudah dipasang di Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Pembatas jalur sepeda permanen ini terbuat dari beton berwarna putih bercorak garis hitam dan kuning.

Pembatas itu terpasang tepat di depan jembatan penyeberangan orang (JPO) Gelora Bung Karno (GBK) yang akan mengarah ke Semanggi.

Pemasangan pembatas jalur belum semua terpasang di Jalan Sudirman-MH Thamrin.

Selain sebagai pembatas jalur sepeda ini juga berfungsi sebagai pot tanaman hias.

Baca juga: Pengamat Tata Kota Kritisi Kebijakan DKI soal Pembangunan Jalur Sepeda

Pemprov DKI Jakarta akan membangun jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin.

Jalur sepeda sepanjang 11,2 kilometer ini akan dibangun pada periode Februari-Maret 2021.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan pembangunan jalur sepeda permanen ini merupakan bagian dari program Jakarta Ramah Bersepeda.

Nantinya jalur sepeda akan memiliki lebar dua meter, dan dilengkapi pelindung memakai pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait.

Baca juga: Pemprov Gandeng TNI dan Polri Dalam Pengamanan Jalur Sepeda

“Pembangunan jalur sepeda permanen ini bertujuan, antara lain menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit,” kata Syafrin berdasarkan keterangannya, Sabtu (6/2/2021).

Selain itu, kata Syafrin, jalur sepeda ini diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta, serta mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan.

Jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pesepeda, di antaranya wayfinding (petunjuk arah), pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa bike rack pada trotoar.

Baca juga: Update Jalur Sepeda: Mulai Minggu 30 Agustus 2020 DKI Buka Kembali 10 Kawasan Khusus Pesepeda

Dalam pembangunan jalur sepeda permanen ini, dilakukan juga pembangunan prasasti sebagai bicyle artwork berisi ornamen yang menjadi landmark Jakarta dan Sepeda. Lokasinya terletak di trotoar atau jalur pejalan kaki.

Nantinya jalur sepeda permanen ini akan terintegrasi dengan fasilitas layanan angkutan umum massal, antara lain sembilan halte bus Transjakarta, enam stasiun MRT Jakarta, satu stasiun Kereta Commuter Line, satu stasiun Kereta Bandara (Railink) dan satu stasiun LRT Jabodebek.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved