Kriminalitas

Dinkes DKI Ungkap Klinik Memiliki Izin Operasional Meski Mempekerjakan Dokter THT Asing Ilegal

Unit IV Subdit III Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap dokter LS alias LI, WNA asal Cina yang membuka praktik kedokteran tanpa izin.

Dinkes DKI Ungkap Klinik Memiliki Izin Operasional Meski Mempekerjakan Dokter THT Asing Ilegal
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Unit IV Subdit III Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap dokter LS alias LI, warga negara asing (WNA) asal China yang membuka praktik kedokteran tanpa izin atau ilegal di Klinik Utama Cahaya Mentari, di Rukan Puri Mutiara Blok D, Jalan Danau Sunter Barat, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Ani Ruspitawati mengatakan Klinik Utama Cahaya Mentari, di Tanjung Priok, Jakarta Utara yang mempekerjakan dokter THT asal Cina sudah mendapat izin operasional dari pihaknya.

"Klinik itu sudah memenuhi semua kriteria untuk penerbitan izin operasional. Izin diajukan pada Januari 2019 dan Februari 2019 diterbitkan. Cuma saat pelaksanaannya terjadi penyimpangan antara lain dengan memperkerjakan dokter tenaga kerja asing, tanpa izin," kata Ani di Mapolda Metro Jaya, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, pihaknya sudah pernah mendapat informasi adanya dokter asing ilegal yang dipekerjakan di sana.

"Kami lalu mengirim surat untuk meminta klarifikasi dari pihak klinik, soal dokter dari luar negeri yang melakukan praktik di klinik itu," katanya.

Teror Corona Semakin Menakutkan karena Penyebaran Demikian Cepat Kala Satu Pengidap Kontak 16 Orang

Dalam klarifikasinya kata Ani, pihak klinik menyebutkan tidak ada dokter dari luar negeri yang melakukan praktik di klinik itu.

Pihak klinik juga membantah telah membuat brosur dan penawaran melalui media sosial terkait klinik yang bisa mengobati sinus tanpa operasi dan ditangani oleh dokter dari China.

"Dari klarifikasi itu sebenarnya kami ingin segera melakukan pengecekan di lapangan. Namun pada akhirnya pihak kepolisian sudah menanganinya. Jadi kami berterimakasih kepada polisi atas hal ini," katanya.

Penjelasan Ustadz Adi Hidayat untuk Meluruskan Anggapan Keliru Tentang Sunnah Rosul di Malam Jumat

Ani menjelaskan, dokter asal luar negeri bisa mendapatkan izin praktik di Indonesia dan wajib dipunyai oleh semua dokter di Indonesia.

"Pada dasarnya, UU mengizinkan dokter warga negara asing untuk melaksanakan beberapa kegiatan praktik di Indonesia, termasuk pelayanan kesehatan, sepanjang memenuhi ketentuan yang ada di UU," kata Ani.

Menurutnya, dokter luar negeri harus lolos dalam proses-proses evaluasi yang dikeluarkan oleh Dinkes dan wajib memenuhi etika profesi kedokteran, serta menyertakan syarat administratif.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved