Breaking News:

Jelaskan Konsep Asesmen Kompetensi, Nadiem Makarim: Ibarat Belajar Renang Langsung Diceburin ke Laut

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan konsep asesmen kompetensi menggunakan ilustrasi belajar renang.

DOK. KEMENDIKBUD
Mendikbud Nadim Makarim menjelaskan arah kebijakan pendidikan Merdeka Belajar dalam Rapat Koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia di Jakarta, Rabu (11/12/2019).Terbaru, Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan alasannya mengapa dirinya mengubah komposisi sistem zonasi yang ada 

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan konsep asesmen kompetensi menggunakan ilustrasi belajar renang.

Menurut Nadiem Makarim, ibarat mengajarkan orang berenang, pengajaran terhadap siswa tidak bisa hanya dengan menghafal.

Menurutnya, pengajaran saat ini hanya dengan mengetes ingatan siswa soal sesuatu.

Jelaskan Alasan Ganti UN kepada DPR, Nadiem Makarim: Dunia Tidak Butuh Anak yang Jago Menghafal

"Bayangkan kalau murid kita itu harus berenang ke suatu pulau. Saat ini untuk mengetes kemampuan dia berenang, dia ditanya dan dilatih."

"Tahu enggak gaya katak seperti apa? Tahu enggak gaya bebas sepeti apa? Air itu apa? Berenang itu apa?" tutur Nadiem Makarim di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

"Itu adalah sekarang metodenya yang kita gunakan, untuk mengetahui apa dia bisa berenang ke pulau," tambah Nadiem Makarim.

Ujian Nasional Bakal Diganti, Fahri Hamzah Minta Mendikbud Bikin Wabah Seperti Go-Jek

Padahal, menurut Nadiem Makarim, siswa harus dites untuk berenang langsung ke air. Hal ini dilakukan agar mengetahui kemampuan serta kesiapan siswa.

"Kalau kompetensi adalah bisa berenang enggak? Langsung diceburin ke dalam laut, bisa berenang atau tidak," jelas Nadiem Makarim.

Mantan CEO Go-Jek ini mengatakan, manfaat dari asesmen kompetensi adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menghadapi dunia pasca-sekolah.

 Politikus PDIP: Pimpinan Saja Dilawan oleh Wadah Pegawai KPK, Apalagi Dewan Pengawas

“Kalau kita, mereka enggak akan tenggelam pada saat setelah lulus SMA atau perguruan tinggi,” papar Nadiem Makarim.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved