Mudik Lebaran 2022

Kapolri Listyo Memerkirakan Puncak Mudik Lebaran Bakal Terjadi pada Empat Hari Jelang Lebaran 2022

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengunjungi rest area KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pada Selasa (26/4/2022).

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Sigit Nugroho
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Konferensi Pers Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan, Menteri PMK, Menteri PUPR serta sejumlah menteri dan pejabat lainnya, terkait arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, pada Selasa (26/4/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengunjungi rest area KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pada Selasa (26/4/2022).

Listyo datang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu, Listyo menjelaskan bahwa kedatangannya untuk memastikan kesiapan puncak arus mudik pada Kamis (28/4/2022) atau H-4 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Kedatangannya juga untuk mengecek secara langsung langkah-langkah yang akan dilaksanakan seluruh anggotanya dan stakeholder terkait dengan pelaksanaan dalam menghadapi potensi kemacetan di arus mudik lebaran.

Baca juga: Kapolri Siapkan Satgas untuk Amankan Jalur Mudik di Lampung dari Aksi Begal

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Sebut Terjadi Pergeseran Arus Mudik Lebaran Tahun 2022 di Pelabuhan Merak

Baca juga: DAFTAR Lengkap Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni 2022, Selamat Mudik!

"Sebagaimana arahan Bapak Presiden bahwa beliau selalu mengimbau, agar pelaksanaan mudik dilaksanakan lebih cepat lebih baik. Sehingga, pada saat H-4 itu betul-betul bisa kita hindari potensi kemacetan," kata Listyo.

Pada kesempatan ini juga, empat Polda datang ke Pos Terpadu Operasi Ketupa Lodaya 2022 di Rest Area KM 57, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Banten dan Polda Lampung.

Keempatnya itu memaparkan skema pengaturan lalu lintas selama arus mudik di wilayahnya masing-masing.

BERITA VIDEO: Gratis Naik Kapal Laut di Pelabuhan Tanjung Priok

"Ini sebagai persiapkan karena kita bandingkan di tahun 2019 itu memang biasanya dimulai dari H-4 dan apabila kita lihat dari hasil survei, yang akan pulang ini memang angkanya cukup besar," ujarnya.

"Rekan-rekan juga semua sudah tahu, sehingga perlu ada langkah-langkah tadi kita sudah mendengar secara langsung bagaimana proses rekayasa yang akan dilaksanakan dari proses ganjil-genap. Kemudian, proses untuk pengaturan contra flow sampai dengan proses oneway atau satu arah di H-4 yang akan dilaksanakan," paparnya.

Listyo berharap semua kesiapan dan kebijakan baik di jalur tol dan arteri dapat membantu agar atus mudik betul-betul bisa berjalan dengan baik.

Kapolri juga mengimbau agar warga menghindari prediksi puncak arus mudik pada H-4 Lebaran dengan berangkat lebih awal.

"Namun demikian apabila memang tidak bisa dihindari maka kami semua telah mempersiapkan rencana rencana rekayasa yang tadi kita sampaikan. Kemudian di luar itu kita juga mempersiapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ungkapnya

Listyo juga meminta, masyarakat melakukan vaksinasi booster yang telah tersedia di sejumlah posko mudik.

Sebab diharapkan, pasca arus mudik tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

"Kami harapkan mudik tahun ini betul-betul bisa kita wujudkan menjadi mudik yang sehat dan mudik yang nyaman. Untuk yang sehat karena pada saat ulang kita semua sudah dibekali dengan vaksin booster sehingga pada saat bertemu dengan keluarga dengan masyarakat lain ataupun orang tua kita kita sama-sama memiliki imunitas," tuturnya.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved