Pihak Ade Armando Somasi Eddy Soeparno, MKD Ingatkan Anggota DPR Punya Kekebalan Hukum

Kata Wakil MKD DPR Habiburokhman, Eddy Soeparno selaku Wakil Ketua Komisi VII DPR, memiliki hak imunitas atau kekebalan hukum.

Editor: Yaspen Martinus
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno disomasi oleh pihak Ade Armando, lantaran menyebut korban penganiayaan itu sebagai penista agama melalui cuitan di Twitter. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno disomasi oleh pihak Ade Armando, lantaran menyebut korban penganiayaan itu sebagai penista agama melalui cuitan di Twitter.

Majelis Kehormatan Dewan (MKD) lantas angkat bicara soal somasi tersebut.

Kata Wakil MKD DPR Habiburokhman, Eddy Soeparno selaku Wakil Ketua Komisi VII DPR, memiliki hak imunitas atau kekebalan hukum.

Baca juga: Amaq Sinta Lakukan Pembelaan Terpaksa, Polisi Tak Temukan Unsur Perbuatan Melawan Hukum

"Terkait somasi dari Ade Armando kepada Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Suparno."

"Perlu kami jelaskan bahwa Saudara Eddy Suparno adalah anggota DPR RI yang memiliki hak imunitas atau kekebalan hukum."

"Sebagaimana diatur di Pasal 20A konstitusi maupun di Pasal 224 UU MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3)," kata Habiburokhman kepada wartawan, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Polda NTB Setop Kasus Amaq Sinta, Simpulkan Korban Bunuh Begal karena Pembelaan Terpaksa

Dalam Pasal 224 UU MD3, Habiburokhman menjelaskan anggota DPR tidak dapat dituntut di depan pengadilan karena pernyataan, pertanyaan, dan/atau pendapat yang dikemukakannya, baik secara lisan maupun tertulis di dalam rapat DPR, ataupun di luar rapat DPR, yang berkaitan dengan fungsi serta wewenang dan tugas DPR.

Anggota DPR juga tidak dapat dituntut di depan pengadilan karena sikap, tindakan, kegiatan di dalam rapat DPR ataupun di luar rapat DPR, yang semata-mata karena hak dan kewenangan konstitusional DPR dan/atau anggota DPR.

Habiburokhman pun menyarankan pihak manapun yang keberatan dengan ucapan seorang anggota DPR yang menjalankan tugas, agar membantah saja ucapan tersebut dengan argumentasi yang tepat.

Baca juga: Kasus Etik Lili Pintauli Disorot Asing, KPK: Amerika Sih Memang Gitu, Sukanya Urusi Negara Lain

"Jadi jelas hak imunitas Saudara Eddy Suparno selaku anggota DPR meliputi kebebasan berbicara (freedom of speech) dan kebebasan dalam berakttivitas (freedom of activity)."

"Dan karenanya terhadap Saudara Eddy Suparno tidak bisa dilakukan proses hukum terkait ucapannya tersebut," terang Habiburokhman.

Sebelumnya, Muannas Alaidid, kuasa hukum Ade Armando, menyomasi Eddy Soeparno.

Somasi itu diberikan usai viral cuitan Eddy yang dituding memfitnah Ade dalam kasus dugaan penistaan agama.

Baca juga: Gerbang Tol Diprediksi Jadi Titik Kemacetan Saat Arus Mudik Lebaran, Polisi Bakal Lakukan Pengawasan

Eddy mencuitkan dukungan terhadap pengusutan kasus pengeroyokan AA, tapi juga mendukung proses hukum kasus dugaan penistaan agama berbuah somasi dari kuasa hukum Ade Armando.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved