Berita Jakarta

PSI Nyinyiri Kualitas Sumur Resapan Program Unggulan Anies yang Jeblos, Singgung Duit Rp400 Miliar

PSI meyakini program normalisasi sungai dan pembangunan waduk, saluran, serta tanggul jauh lebih urgen dibandingkan dengan sumur resapan.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Feryanto Hadi
Kompas.com
Aspal yang menutupi sumur resapan yang berada di Jalan Lebak Bulus III, Jakarta Selatan, kembali dilubangi, Sabtu (4/12/2021).(KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi) 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta mempertanyakan kualitas sumur resapan program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Soalnya proyek tersebut jeblos saat tidak sengaja dilintas mobil milik Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Rabu (8/12/2021) lalu.

“Saya menyayangkan program unggulan Pak Anies yaitu pembangunan sumur resapan ini bisa jeblos, padahal baru dibangun. Patut dipertanyakan kenapa program unggulan yang selalu digadang-gadang dan menelan anggaran lebih dari Rp 400 miliar itu kualitas pengerjaannya seperti ini,” kata anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta August Hamonangan pada Kamis (9/12/2021).

August menyatakan, pihaknya sering mempertanyakan urgensi pembangunan sumur resapan sebagai solusi penanggulangan banjir.

Baca juga: Setelah Dilantik Jadi ASN Polri, Akankah Novel Penuhi Ucapannya Akan Ikut Audit Bisnis PCR?

PSI meyakini program normalisasi sungai dan pembangunan waduk, saluran, serta tanggul jauh lebih urgen dibandingkan dengan sumur resapan.

“Saya bingung kenapa sumur resapan ini masih ngotot dikebut, padahal dari sisi urgensinya tidak jelas. Sekarang terbukti eksekusinya juga asal-asalan,” ketusnya.

August juga mengingatkan bahwa banyak program unggulan Anies yang bermasalah, termasuk program rusun DP 0 Rupiah yang jauh di bawah target, OK OCE yang sudah tidak terdengar lagi, dan Formula E yang lokasinya masih juga belum ditentukan.

Baca juga: Mobil Milik Kadernya Terperosok,PSI Desak Pemprov DKI Sanksi Kontraktor Sumur Resapan di Lebak Bulus

“Ini sudah tahun terakhir Pak Anies. Sangat disayangkan kalau deretan program unggulannya banyak bermasalah. Semoga program-program lain tidak jeblos juga dan tidak membahayakan nyawa orang. Jangan sampai yang diingat dari Pak Anies adalah program-program unggulannya yang banyak jeblos dan terkendala,” katanya. 

Wagub akan evaluasi kontraktor

Diberitakan sebelumnya, Sumur resapan di Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, amblas pada Rabu (8/12/2021) siang.

Pasalnya sumur resapan itu jebol akibat terlintas oleh kendaraan pribadi milik Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa ia bersama pihaknya akan segera melakukan evaluasi terkait jebolnya tutup sumuran resapan tersebut.

"Jadi, sudah kami sampaikan kepada Bina Sumber Daya Air untuk melakukan evaluasi nanti juga dibantu Bina Marga," ucap Ariza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (9/12/21) siang.

Baca juga: Evaluasi Polisi, Sopir Transjakarta Tak Boleh Kerja Lebih dari 8 Jam untuk Hindari Human Error

Orang nomor dua di Ibu Kota ini juga mengatakan bahwa penyebab dari amblas tutup sumur resapan tersebut lantaran tutup-tutup tersebut masih bersifat sementara.

"Ya, itu kan ada tutup-tutup yang masih sementara yang belum permanen mungkin belum kuat cukup (umurnya)," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved