Larangan Mudik

Larangan Mudik, 329 Penumpang Kereta Api Tak Bawa Surat Izin, Ini Aturan Baru Naik KA Jarak Jauh

403 calon penumpang Kereta Api jarak jauh, yang tidak melengkapi syarat dokumen perjalanan sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

Istimewa
Ilstrasi -- Syarat naik kereta api jarak jauh selama masa larangan mudik Lebaran 2021 foto PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya relasi Gambir-Malang pada hari ini, Rabu (10/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendapati 403 calon penumpang Kereta Api - KA jarak jauh, yang tidak melengkapi syarat dokumen perjalanan sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebutkan, dari total 403 calon penumpang ini 329 orang tidak membawa surat izin perjalanan yang ditetapkan selama periode larangan mudik.

"Kemudian, sisanya 74 orang tidak membawa surat hasil tes negatif Covid-19 yang masih berlaku," ucap Joni dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Menurutnya 403 calon penumpang ini, tidak diizinkan untuk melanjutkan perjalanan karena tidak memiliki dokumen yang harus dilengkapi sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga: Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran, 648 Kendaraan Diputar Balik di Tol Jakarta Cikampek

Baca juga: Selama Larangan Mudik, Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Beroperasi Normal

Joni juga menjelaskan, selama larangan mudik lebaran ini PT KAI melakukan verifikasi berkas calon penumpang di setiap stasiun keberangkatan.

"Dalam proses verifikasi ini, apabila ada yang tidak sesuai maka tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dan tike akan dibatalkan," ucap Joni.

Verifikasi tersebut, lanjut Joni, dilakukan untuk memastikan bahwa hanya orang-orang yang dikecualikan saja yang dapat menggunakan KA Jarak Jauh dan bukan untuk kepentingan mudik lebaran.

Sebagai informasi, pada masa larangan mudik lebaran 6-17 Mei 2021 masyarakat tidak diizinkan melakukan kegiatan pulang ke kampung halaman menggunakan semua moda transportasi.

Namun, ada pengecualian bagi masyarakat tertentu yang diharuskan melakukan perjalanan saat periode larangan mudik dengan menyertakan Surat Izin Perjalanan dari atasan bagi pegawai atau Kepala Desa atau Lurah bagi masyarakat umum serta surat bebas Covid-19 yang masih berlaku.

Syarat surat perjalanan KA 

Syarat naik kereta api (KA) jarak jauh diperbaharui seiring aturan larangan mudik Lebaran 2021 yang mulai berlaku besok, sepanjang periode 6-17 Mei 2021.

Terlebih, sejumlah kereta api jarak jauh tetap beroperasi di masa peniadaan mudik lebaran tersebut untuk melayani perjalanan dengan keperluan mendesak.

Terdapat ketentuan mengenai siapa saja yang boleh naik kereta api jarak jauh di masa larangan mudik Lebaran 2021.

Masyarakat yang diperbolehkan menggunakan kereta api adalah pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non-mudik.

Kriterianya meliputi untuk bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh 1 orang anggota keluarga, dan kepentingan non mudik tertentu lainnya yang dilengkapi surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah setempat.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved