Breaking News:

Mudik Lebaran

Terminal Kampung Rambutan Tambah Unit Bus Antisipasi Lonjakan Keberangkatan Penumpang

Sejumlah bus pariwisata disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan keberangkatan pada H-1 larangan mudik. 

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Suasana Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, sebelum diberlakukan larangan Mudik Lebaran, mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIRACAS - Sejumlah bus pariwisata dari perusahaan otobus (PO) akan disiagakan untuk antisipasi hari terakhir operasional bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Rabu (5/5/2021).

Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jony mengatakan, sejumlah bus pariwisata disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan keberangkatan pada H-1 larangan mudik

"Kita mengoptimalkan bus yang ada di terminal. Kalau bus yang ada sudah tidak menampung, kita baru menggunakan bus bantuan," kata Made Jony, Selasa (4/5/2021).

Sejumlah bus pariwisata disiagakan karena masih ada penumpang menuju berbagai kota tujuan di Pulau Jawa yang jarak tempuh hanya memakan waktu satu hari saja. 

"Untuk sekarang belum ada bus pariwisata yang dikerahkan. Untuk jumlahnya (bus pariwisata) belum dipastikan," ujarnya.

Baca juga: Penyedia Jasa Penukaran Uang di Ciputat Mengaku Sepi Akibat Larangan Mudik

Baca juga: Kemenhub Kurangi Frekuensi Perjalanan KA Pada Periode Larangan Mudik 6-17 Mei 2021

Made Jony mengatakan, puncak keberangkatan penumpang sebelum larangan mudik sebenarnya sudah terjadi Senin (3/5/2021), total 1.400 penumpang.

"Kita menambah armada untuk memastikan nanti penumpang tidak penuh di dalam bus karena kita batasi di dalam hanya 50 persen," ujarnya.

Keberangkatan dari Terminal Kampung Rambutan diprediksi akan meningkat pada Selasa (4/5/2021) sore hingga Rabu (5/5/2021) subuh atau H-1 larangan mudik

"Karena untuk besok ada banyak PO (perusahaan otobus) atau bus yang sudah tidak beroperasi khususnya bus yang jarak jauh," kata Made Jony.

Baca juga: Jelang Larangan Mudik Diberlakukan, KAI Tidak Tambah Jadwal Perjalanan KA Jarak Jauh

Baca juga: Meski Mudik Dilarang, Pelni Pastikan Tetap Operasikan Kapalnya, Ini Alasannya

Sedangkan operasional bus AKAP dan antar kota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Kampung Rambutan dihentikan pada 6-17 Mei 2021.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved