Breaking News:

Lebaran

Draft Aturan Transportasi Mudik Lebaran 2021 Selesai, Tinggal Tunggu SE Gugus Tugas Covid-19

draft rancangan aturan pengendalian transportasi terkait larangan mudik lebaran sudah rampung

warta kota
Draft Aturan Transportasi Mudik Lebaran 2021 Selesai, Kemenhub: Tinggal Menunggu SE Gugus Tugas Covid-19 foto Suasana Mudik Nataru di Terminal Poris Plawad 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuat rancangan aturan pengendalian transportasi, menindaklanjuti keputusan pemerintah terkait larangan Mudik Lebaran 2021.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebutkan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan draft terkait aturan tersebut.

"Tetapi, kita masih menunggu Surat Edaran dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19, untuk disesuaikan dengan draft aturan pengendalian transportasi," kata Budi Setiyadi saat dikonfirmasi, Jumat (2/4/2021).

Ia juga mengatakan, draft aturan pengendalian transportasi saat Mudik Lebaran 2021 juga akan disesuaikan dengan surat dari Kementerian Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Baca juga: Direstui Menko PMK, Harapan Sandi Buka Objek Wisata Lokal Selama Larangan Mudik Lebaran Terwujud

Baca juga: Bukan Keputusan Mudah, Pemerintah Takut Angka Kematian Naik Jika Mudik Lebaran Tak Dilarang

"Jika tidak kendala, rencananya kita akan umumkan aturan pengendalian transportasi pada masa Mudik Lebaran 2021 ini pekan depan," kata Budi Setiyadi.

Sebelumnya terkait pembuatan aturan pengendalian transportasi saat masa Mudik Lebaran 2021, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi mengajak berbagai pihak untuk berdiskusi tentang aturan pengendalian transportasi saat ada larangan mudik ini.

"Berbagai pihak tersebut diantaranya, pengamat transportasi, sosiolog dan stakeholders lainnya. Masukan yang akan kami terima ini dapat menjadi pertimbangan dalam menyusun aturan terkait pengendalian transportasi maupun sanksinya jika ada pelanggaran," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Senin (29/3/2021).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi meminta masyarakat untuk mewaspadai arus mudik di jalan tol yang akan mengalami kepadatan
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi meminta masyarakat untuk mewaspadai arus mudik di jalan tol yang akan mengalami kepadatan (dephub.go.id)

Selain itu Budi Karya menjelaskan, dalam membuat aturan pengendalian transportasi ini akan merujuk pada hasil survey masyarakat persepsi masyarakat terhadap pergerakan perjalanan saat Idul Fitri yang dilakukan pada Maret 2021 oleh Balitbang Kemenhub bersama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Budi Karya menjelaskan, Survei tersebut diikuti oleh 61.998 responden yang berprofesi sebagai karyawan swasta 25,9 persen dan sisanya aparatur sipil negara, wiraswasta dan elemen masyarakat seperti ibu rumah tangga.

Baca juga: Mudik Dilarang, Tiket.com Ungkap Kondisi Pengajuan Refund Tiket Pesawat dan Hotel

Berdasarkan hasil survei tersebut, lanjut Budi Karya, jika penyelenggara mudik dilarang ditemukan 89 persen masyarakat tidak akan mudik, 11 persen akan tetap melakukan mudik atau liburan.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved