Transportasi

Kemenhub Siapkan Lokasi Test Rapid Antigen Acak Kendaraan Pribadi dan Umum, Antara lain di Rest Area

"Kami akan mengambil sampel acak dan gratis, tidak dipungut biaya. Angkutan umum kami laksanakan juga di terminal sifatnya sampel dan gratis juga..."

Istimewa
Pintu masuk rest area jalan tol menjadi awal pemeriksaan pengendara terkait protokol kesehatan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Kemenhub RI tengah menyiapkan sejumlah lokasi sebagai tempat test rapid antigen acak tanpa dipungut biaya, di antaranya di rest area jalan tol. 

Untuk pengguna kendaraan perseorangan atau pribadi (mobil dan sepeda motor) akan dilakukan test rapid antigen acak di sejumlah lokasi, antara lain di tempat peristirahatan (rest area) jalan tol dan ruas jalan nasional.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah titik sedang disiapkan sebagai lokasi layanan rapid test antigen acak bagi pengguna kendaraan pribadi dan umum selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Persiapan itu dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI sesuai Surat Edaran 20/2020 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub terkait Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: PT KAI Sarankan Pemudik Nataru Tes Rapid Antigen Sejak H-1

"Berlaku pada 19 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021, seluruh ketentuan dalam SE ini berlaku bagi seluruh angkutan termasuk angkutan sungai, danau, dan penyebrangan," ujar Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Selasa (22/12/2020).

"Di antaranya, angkutan antar lintas batas negara, angkutan antarkota antar provinsi (AKAP), angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan antarjemput antarprovinsi, angkutan pariwisata, serta kendaraan bermotor perseorangan," lanjut dia.

Baca juga: Liburan Naik Mobil Pribadi Tak Wajib Test Antigen, Keluar Masuk Jakarta Kena Rapid Test Antigen Acak

Baca juga: Selama Libur Natal Tahun Baru, Keluar Masuk Jakarta dari Bodetabek Wajib Rapid Test Antigen?

Adapun aturan terkait pelaksanaan tes acak tercantum pula dalam edaran terkait, di mana tes dilaksanakan di sejumlah titik.

Khusus pengguna angkutan umum, tes dilakukan di terminal penumpang, pelabuhan sungai, danau, serta penyeberangan.

Sementara untuk pengguna kendaraan perseorangan atau pribadi (mobil dan sepeda motor) akan dilakukan test acak di:

- Unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor tertentu yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan (rest area) sementara;

- Jalan nasional, untuk kendaraan bermotor perseorangan; dan

- Tempat peristirahatan (rest area) di jalan tol, untuk kendaraan bermotor perseorangan.

Baca juga: Promo 5 Smartphone Vivo di Year End Festivo, Ada Cashback hingga Rp 1 Juta dan Hadiah Rp 400 Juta

"Kami akan mengambil sampel acak dan gratis, tidak dipungut biaya. Angkutan umum kami laksanakan juga di terminal sifatnya sampel dan gratis juga, targetnya ada 20.000 tes yang dilakukan," ujar Budi.

Selain itu, khusus bagi pengguna kendaraan pribadi yang menuju Pulau Bali tetap diwajibkan melakukan rapid test antigen paling lambat 3 kali 24 jam saat pengecekan di pelabuhan penyeberangan.

Baca juga: Mulai Rp 208 Jutaan dengan Ragam Fitur Modern, SUV Tangguh All New Nissan Magnite Sudah Bisa Dipesan

Baca juga: Ini 5 Ponsel yang Cocok buat Selfie dan Foto-foto, dari Oppo Reno4 Pro hingga Realme X3 Super Zoom

Surat Edaran (SE) 20/2020

Meski Kemenhub menyiapkan lokasi untuk test rapid antigen kendaraan pribadi, tetapi masyarakat tidak wajib membawa hasil test rapid antigen ketika memulai perjalanannya.  

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved