Breaking News:

Transportasi

Selama Libur Natal Tahun Baru, Keluar Masuk Jakarta dari Bodetabek Wajib Rapid Test Antigen?

Apakah masyakarat perlu menyertakan hasil rapid test antigen untuk keluar masuk Jakarta dari daerah penyangga Bodetabek?

Editor: Fred Mahatma TIS
Dok. Wartakotalive.com
Urai Kemacetan Jalan Tol Jakarta Merak di wilayah Tangerang menerapkan Contraflow. Terkait libur Natal 2020 Tahun Baru 2021, apakah warga wajib jalani rapid test antigen jika keluar masuk Jakarta dari Bodetabek? 

Untuk wilayah aglomerasi tidak diwajibkan menujukkan surat hasil rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah merilis Surat Edaran (SE) tentang Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perjalanan Orang dengan Transportasi Selama Masa Libur Natal dan Tahun Baru Dalam Masa Pandemi Covid-19.

SE 20 Tahun 2020 ini menyusul SE Gugus Tugas Penangandan Covid-19.

Seperti diketahui, untuk perjalanan darat via kendaraan pribadi khusus untuk Pulau Jawa, tidak diwajibkan untuk menyertakan hasil rapid test antigen.

Masyarakat masih bisa menyertakan rapid test antibodi biasa yang berlaku salam 14 hari.

Hal tertulis dalam keterangan resmi Kemenhub yang mengatakan, selain perjalanan ke Pulau Bali, dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa, rapid test antibodi masih boleh digunakan dan berlaku selama 14 hari.

Baca juga: Liburan Naik Mobil Pribadi Tak Wajib Test Antigen, Keluar Masuk Jakarta Kena Rapid Test Antigen Acak

Baca juga: Rapid Test Antigen Gratis Disediakan Bagi Calon Penumpang di Terminal Pulo Gebang

Nasib perjalanan Jabodetabek?

Lalu, bagaimana dengan nasib perjalanan daerah aglomerasi perkotaan seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi atau Jabodetabek?

Apakah masyakarat perlu menyertakan hasil rapid test antigen, mengingat beberapa waktu lalu Wakil gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sempat mengatakan kewajiban menunjukkan hasil negatif bagi yang ingin keluar masuk Jakarta di masa libur Natal dan tahun baru?

Jika merujuk dari SE Satgas Covid-19 dan Kemenhub, dijelaskan bila ternyata untuk wilayah aglomerasi tidak diwajibkan menujukkan surat hasil rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

Baca juga: DAFTAR Klinik yang Sediakan Layanan Rapid Test Antigen dan Antibodi Berikut Harganya di Bojonggede

Baca juga: Mulai Hari Ini Penumpang Kereta Api Harus Rapid Test Antigen Seharga Rp 125.000, Ini yang Disiapkan

"Perjalanan rutin di Pulau Jawa dengan moda transportasi laut yang bertujuan melayani pelayaran lokasi terbatas antarpulau atau antarpelabuhan domestik dalam satu wilayah aglomerasi atau dengan transportasi darat baik pribadi, maupun umum dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan (Jabodetabek) tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat hasil rapid test antigen sebagai syarat perjalanan."

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved