Breaking News:

Mudik Nataru

PT KAI Sarankan Pemudik Nataru Tes Rapid Antigen Sejak H-1

Pemudik Nataru Disarankan Tes Rapid Antigen Sejak H-1. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Youtube Wartakotalive.com
Kepala Humas PT KAI Daop 1 DKI Jakarta Eva Chairunisa 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Selama moment Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI, memberlakukan Test Rapid Antigen sebagai syarat melakukan perjalanan kereta api (KA) untuk periode 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Hal ini tertuang pada Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2020 mengenai  Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19).

Merujuk pada peraturan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan layanan rapid antigen sejak Senin (21/12) kemarin di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Baca juga: Dapat Pesan Bismillah Mas dari Mensesneg Awal Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menteri Jokowi

"Dan, sudah mulai mewajibkan kepada seluruh calon penumpang KA untuk menyertakan surat keterangan hasil rapid Antigen sejak Selasa (22/12). Adapun berkas Rapid Antigen berlaku 3 hari setelah tanggal tes rapid dilakukan," ujar Kahumas
PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Eva mengatakan, untuk menghindari resiko tertinggal KA seluruh calon pengguna yang memilih untuk melakukan rapid Antigen di Stasiun dihimbau untuk melakukan tes paling lama H-1 sebelum tanggal keberangkatan.

Calon pengguna dihimbau agar menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan rapid Antigen pada hari yang sama dengan hari keberangkatan, tidak disarankan juga datang 3 jam sebelum keberangkatan mengingat antrian Rapid Antigen di Stasiun cukup padat.

Baca juga: DKI Raih Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan dari Kemenaker

Tercatat sebanyak 6700 calon pengguna telah melakukan rapid di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada 21 dan 22 Desember 2020 kemarin.

Sementara untuk hari ini Rabu 23 Des 2020, data terkini pkl 09.00 WIB layanan rapid Antigen di Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah melayani sekitar 2100 calon pengguna.

Adapun syarat calon penumpang KA untuk melakukan rapid Antigen adalah dengan menunjukan tiket KA atau kode booking pada saat pendaftaran rapid antigen, kemudian membayar sebesar Rp 105.000.

Untuk mengatasi antrian yang mungkin ada pada layanan Rapid Antigen di Stasiun, Daop 1 Jakarta telah menata alur layanan rapid antigen dengan teratur. Yakni, menyediakan ruang tunggu dengan kapasitas yang lebih memadai, memisahkan antara calon penumpang saat mendaftar, pengambilan sampel, sampai menunggu hasil. Tidak hanya itu, tenaga pengambil sampel, administrasi untuk layanan rapid antigen di masing-masing stasiun juga ditambah. Saat ini sebanyak 25 nakes untuk Stasiun Pasar Senen dan 15 nakes untuk Stasiun Gambir. Perlengkapan dan peralatan pendukung juga diakomodir lebih dari biasanya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved