Kesehatan

Atiqah Hasiholan dan Cynthia Lamusu Bagikan Tips Penting Cegah Pneumonia Anak Sejak Usia Dini

Cynthia Lamusu dan Atiqah Hasiholan membagikan tips penting mencegah pneumonia anak sejak usia dini.

Instagram
Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto berkomitmen menjaga kesehatan anak dan keluarga termasuk dari penyakit pneumonia yang masih mengintai masyarakat Indonesia terutama anak-anak dan lansia itu. Foto ilustrasi: Rio Dewanto (31) menggendong putri kecilnya, Salma Jihane Putri, bersama istrinya, Atiqah Hasiholan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Cynthia Lamusu dan Atiqah Hasiholan membagikan tips penting mencegah pneumonia anak sejak usia dini.

Pneumonia terjadi akibat peradangan pada kantong udara (alveoli) di paru-paru karena infeksi bakteri, virus dan jamur namun yang paling umum bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumococcus), sehingga menyebabkan kantong udara itu terisi dengan cairan dan nanah.

Selebritas Atiqah Hasiholan dan Cynthia Lamusu berkomitmen menjaga kesehatan anak dan keluarga termasuk dari penyakit pneumonia yang masih mengintai masyarakat Indonesia terutama anak-anak dan lansia itu.

surya saputra, cynthia lamusu dan anaknya
Cynthia Lamusu dan Surya Saputra berkomitmen menjaga kesehatan anak dan keluarga termasuk dari penyakit pneumonia yang masih mengintai masyarakat Indonesia terutama anak-anak dan lansia itu. Foto dok: Surya Saputra, Cynthia Lamusu dan kedua anaknya (instagram)

Atiqah mengatakan, sejak putri semata wayangnya kecil, dia dan suaminya, Rio Dewanto sudah membekali diri dengan informasi mengenai pneumonia dari sumber-sumber terpercaya.

Mereka juga memastikan sang buah hati mendapatkan ASI eksklusif, imunisasi dasar lengkap untuk sang buah hati hingga nutrisi yang seimbang.

"Bagi saya dan suami urusan pemenuhan kesehatan anak (Salma) sejak lahir, sekarang hingga ke depannya Insya Allah merupakan prioritas utama kami," ujar Atiqah di sela acara daring bertema pneumonia, Kamis (12/11/2020)

Sejak lahir, kata Atiqah, Salma selalu mendapatkan imunisasi dasar lengkap, Salma juga mendapatkan ASI eksklusif dan MPASI.

Baca juga: Pneumonia Coronavirus Belum Ada Vaksinnya, Pencegahan Terapkan Gaya Hidup Sehat

Baca juga: Kebiasaan Mencuci Tangan Bisa Membantu Pencegahan Wabah Pneumonia Seperti yang Terjadi di Wuhan Cina

Baca juga: Wabah Pneumonia di Wuhan, Dokter Paru-paru Ingatkan Jangan Panik dan Ini yang Perlu Dilakukan

Lalu lanjut pemberian ASI sampai dua tahun.

"Hal ini saya lakukan untuk memastikan agar gizinya terpenuhi dengan baik," ujar Atiqah.

Atiqah mengatakan, selalu menyiapkan sendiri makanan pendamping ASI (MPASI) untuk putrinya, menggunakan bahan-bahan lokal yang bervariasi dan sebisa mungkin menghindari makanan pabrikan.

Di sisi lain, dia juga memantau tumbuh kembang sang anak dan menerapkan tindakan pencegahan penyakit lainnya mencakup penerapan cara hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti mencuci tangan.

Baca juga: Penyakit Pneumonia Seperti di Wuhan, Penyakit yang Sebabkan Gangguan Pernafasan

Hal senada juga dilakukan penyanyi Cynthia Lamusu.

Dia menuturkan, pengalaman melahirkan putra dan putri kembar yang prematur beberapa waktu lalu sebenarnya membuatnya dan sang suami, Surya Saputra terlatih memberikan ekstra perhatian soal kebersihan dan kesehatan termasuk pencegahan penyakit.

"Kami kayak sudah sedikit terlatih, karena sudah mengalami pada waktu karantina anak-anak masa mereka baru pulang ke rumah, karena kami memang betul-betul karantina, tidak terima tamu, kamar selalu pakai air purifier, disteril. Saya sampai membatasi tidak dijenguk mulai dari di rumah sakit sampai di rumah selama enam bulan. Kami benar-benar steril," tutur Cynthia.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved