Kesehatan

Penyakit Pneumonia Seperti di Wuhan, Penyakit yang Sebabkan Gangguan Pernafasan

Kasus penyakit misterius pneumonia berat yang terjadi di Kota Wuhan Tiongkok telah menimbulkan dua korban meninggal dunia.

Penyakit Pneumonia Seperti di Wuhan, Penyakit yang Sebabkan Gangguan Pernafasan
the50besthealthblogs.blogspot.com
Wanita batuk belum tentu pneumonia atau radang paru. 

Kasus penyakit misterius pneumonia berat yang terjadi di Kota Wuhan Tiongkok telah menimbulkan dua korban meninggal dunia.

Awalnya terdapat 27 kemudian meningkat hingga 59 kasus dengan rentan usia penderita 12 hingga 59 tahun.

Coronavirus ini masuk ke dalam keluarga besar virus yang juga bisa menyebabkan penyakit ringan hingga penyakit berat seperti common cold hingga penyakit serius seperti MERS dan SARS.

Sementara terkait pneumonia penyakit ini Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Agus Dwi Susanto menjelaskan penyakit ini akan menganggu respirasi karena menyerang bagian paru.

“Peradangan menyebabkan gangguan pada sistem respirasi ringan seperti batuk kering hingga berat seperti sesak dan gangguan pernapasan,” dr. Agus saat ditemui di kantor PDPI, Jakarta Timur, Jumat (17/1/2020).

 VANESSA Angel Ajak Suami Bikin Dosa di Dapur Siang Hari, Lihat Pakaian dan Gayanya Bikin Salfok

 UPDATE Raja Keraton Agung Sejagat Pernah Tinggal di Pinggir Rel Kereta Ancol

 Pengamat Bilang Banjir Jakarta 1 Januari 2020 Bukan Kiriman, Ini Buktinya

 TERBARU Subsidi Akan Dihilangkan, Harga Gas LPG 3 Kilogram Bakal Tembus Rp35 Ribu

Tentunya pada orang lanjut usia yang diikuti dengan bawaan penyakit lainnya, pneumonia akan semakin memperberat kondisi penderita.

Pneumonia ini memang perlu penanganan khusus bahkan harus diisolasi karena disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk kasus pneumonia oleh virus coronavirus baru ini diperkirakan menular dari hewan dan masih dalam penyelidikan apakah bisa menular antar manusia.

Langkah pencegahan yang paling tepat adalah memastikan kondisi tubuh yang sehat dan bisa juga dengan melakukan vaksin pneumonia.

  Bambang Pamungkas Jadi Manajer Baru Persija, Ismed Sofyan: Saya Pikir Cocok, Dia Atasan Saya

“Apapun yang masuk ke dalam tubuh susah kita cegah, virus dan bakteri kan kita nggak bisa lihat jadi selama imunitas kita baik, maka tubuh akan kebal jadi cuci tangan, pakai masker, makan makanan sehat,” pungkas dr. Agus.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved