Breaking News:

Berita Bekasi

Pemkab Bekasi Bakal Manfaatkan Terowongan di Gedung Juang 45 yang Tersambung ke Stasiun Tambun

Pemkab Bekasi Bakal manfaatkan Terowongan di Gedung Juang 45 yang Tersambung ke Stasiun Tambun. Berikut Paparannya

Warta Kota
Seorang pengunjung tengah menunjukkan bunker di Gedung Juang Tambun 45 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Bunker di Gedung Juang 45 Tambun, di Jalan Sultan Hasanudin, Desa Setia Darma, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi ternyata merupakan terowongan yang tersambung ke kawasan Stasiun Tambun.

Hal itu terungkap saat tengah dilakukan pekerjaan revitalisasi Gedung Juang 45 Tambun oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Iya benar, secara site plan informasi nyambung ke stasiun. Di cek lakukan pembongkaran juga benar ada lorong yang kemungkinan besar tersambung ke Stasiun Tambun yang berada di belakang," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi Rahmat Atong, di Cikarang pada Senin (2/11/2020).

Atong sapaan karibnya menjelaskan pihaknya telah membongkar coran yang menutupi titik bunker yang berada di bawah tangga Gedung Juang 45 Tambun tersebut.

Saat ditelusuri ternyata benar isi dalam bunker itu terdapat sebuah lorong di bawah tanah tersebut.

Baca juga: Kenaikan UMP 2021 Ditetapkan Tidak Seragam, Kebijakan Asimetris Diklaim Anies untuk Jakarta Adil

"Di sana itu kan ada lorong ke bawah, itu sudah kita ukur hanya sampai 4-5 meter, ke sananya kuat atau tidak belum tahu tapi jalur sementara sudah kita buka," beber Atong.

Terkait pengungkapkan itu, Atong masih menunggu intruksi dari Bupati Bekasi. Terkait apakah bakal dilakukan penyambungan atau tidak ke Stasiun Tambun.

Proses pembukaan akses menuju Gedung Juang 45 Tambun melalui Stasiun Tambun juga pastinya harus melibatkan berbagai unsur, diantaranya arkeolog, ahli sejarah, serta pihak Direktorat Perkeretaapian.

Baca juga: IPW Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Penganiayaan Dua Anggota TNI oleh Geng Moge di Sumatera Barat

"Tinggal nunggu arahan saja, karena tentu perlu proses juga kan ya terkait akses lorong yang bisa langsung ke stasiun tersebut," jelas dia.

Namun, adanya pengungkapan tersebut, lanjut Atong, penyambungan akses dari Gedung Juang 45 Tambun ke Stasiun Tambun bakal dimasukkan dalam sebuah rencana ke depannya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved