Breaking News:

Berita Jakarta

Update Konflik dengan Pekerja Berujung Pelaporan Dirut PT Transjakarta ke Polisi, Ini Usul SPTJ

Serikat Pekerja Transportasi Jakarta mengusulkan, konflik antara TransJakarta dan pekerjanya agar diselesaikan secara internal.

Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Rangga Baskoro
Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo (memegang mic) saat acara uji coba bus listrik TransJakarta di Kantor PT TransJakarta, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (6/7/2020). Sardjono dilaporkan ke polisi, Senin (31/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Serikat Pekerja Transjakarta.

Terkait adanya laporan itu, Serikat Pekerja Transportasi Jakarta (SPTJ) mengusulkan, konflik antara TransJakarta dan pekerjanya yang tergabung dalam Serikat Pekerja TransJakarta (SPT) agar diselesaikan secara internal.

"Kami adalah salah satu dari empat serikat pekerja yang ada, turut prihatin dan menyayangkan dengan kondisi yang terjadi. Karena menurut kami masalah tersebut bisa diselesaikan secara baik di lingkungan internal perusahaan tanpa harus berkembang liar di luar perusahaan," kata Wakil Ketua SPTJ, Achmad Yandika Ari Hanafi, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Video: September 2020 DAOP 1 Jakarta Jalankan 41 Kereta Api

Perseteruan yang akhirnya berujung pada pelaporan Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo ke Polda Metro Jaya dengan dugaan adanya pelanggaran hukum atas tunggakan uang lembur serta intimidasi yang dilakukan perusahaan pada anggota serikat.

Terkait dengan upah lembur, SPTJ menyebut bahwa tuntutan upah lembur libur nasional yang juga pernah dilayangkan oleh SPTJ, disebutkan telah diakomodASI dan disepakati bersama antara tiga serikat yang ada di lingkungan PT TransJakarta (pada waktu itu) serta manajemen pada bulan Mei 2019, yang menghasilkan keputusan Direksi No.951/SKP-PT.TJ/XII/2019 tentang Penetapan Hari libur nasional tahun 2020 di lingkungan PT. Transportasi Jakarta.

 Update Kasus Adik Ipar Meninggal di Tahanan, Keluarga Edo Kondologit Percayakan Investigasi ke Polri

 Jelang Liga Premier, Liverpool Dapat Suntikan Semangat Menyusul Kabar Bugarnya Empat Pemain

"Pembayaran upah lembur mulai dibayarkan tahun 2020. Dan sampai saat ini upah lembur telah dibayarkan sesuai dengan tuntutan kami," ucapnya.

SPTJ juga, kata Achmad, mengapresiasi Manajemen PT TransJakarta dalam menjalankan agenda yang sudah ada terutama seleksi 1.847 pegawai kontrak untuk menjadi pegawai tetap yang saat Ini sudah memasuki tahap akhir proses seleksi, serta persiapan perjanjian kerja bersama (PKB) yang diharapkan oleh seluruh karyawan.

"Kemudian SPTJ mengapresiasi manajemen PT TransJakarta saat ini yang cukup mengakomodir setiap kegiatan dalam berserikat di lingkungan perusahaan," tuturnya.

Achmad menambahkan pihaknya akan melawan upaya yang bertentangan dengan tiga pilar perjuangan mereka yakni: peningkatan pelayanan bagi masyarakat DKI Jakarta, peningkatan kinerja manajemen PT Transportasi Jakarta dan Peningkatan kesejahteraan karyawan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved