Virus Corona

Diskusi Virtual YKCHI dan Ikanot Undip : Menggagas Kepastian Hukum Bagi Notaris di Era New Normal

Memasuki era new normal atau tatanan kehidupan baru pada kondisi pandemi Covid -19, menjadi tantangan tersendiri bagi para notaris.

istimewa
Otty H.C. Ubayani, Ketua Umum Yayasan Komunitas Cendikiawan Hukum Indonesia (YKCHI) dan Ikatan Alumni Notariat (Ikanot) Universitas Diponegoro (Undip). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Memasuki era new normal atau tatanan kehidupan baru pada kondisi pandemi Covid -19, menjadi tantangan tersendiri bagi para notaris.

Pasalnya, selain perlu adaptasi, dukungan regulasi dari pemerintah juga sangat dibutuhkan.

Pendapat itu, diutarakan Otty H.C. Ubayani, Ketua Umum Yayasan Komunitas Cendikiawan Hukum Indonesia (YKCHI) dan Ikatan Alumni Notariat (Ikanot) Universitas Diponegoro (Undip), dalam diskusi virtual bertajuk 'Menghindari Jerat Hukum Dalam Keadaan The New Normal', yang diadakan oleh YKCHI dan Ikanot Undip, di Jakarta, Jumat (29/5/2020) lalu.

Menurut Otty, menghadapi pandemi Covid-19 ini, pekerjaan notaris banyak menggunakan teknologi.

IKA Undip Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa dan Negara

Oleh sebab itu, dibutuhkan payung hukum. Alasannya, jika tidak ada aturan jelas, dikhawatirkan notaris bisa terjerat kasus hukum.

"Padahal, sebagai pejabat umum, notaris haruslah dilindungi oleh aturan hukum," ujar Otty.

Sedangkan Prof Gayus Lumbuun berpendapat, salah satu bentuk penyesuaian yang signifikan dalam praktek pelayanan jasa notaris adalah pengakuan pengurusan dokumen secara elektronik.

Hal itu, sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat (1) UU No 11 Tahun 2008, yang menyatakan bahwa informasi eletronik dan/atau dokumen elektronik dan/atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang sah.

Penyesuaian lain yang perlu dilakukan di era new normal menurut Gayus, adalah suatu kegiatan yang tidak harus hadir secara fisik.

VIDEO: Cerita Remaja ART yang Terpaksa Jual Bantuan Sembako Karena Orangtua Sakit

"Kemajuan teknologi memungkinan pengurusan dokumen tidak harus menghadap secara fisik kepada notaris. Sehingga walaupun berjarak jauh namun dapat dijamin keaslian orangnya atau merupakan suatu keadaan yang nyata atau virtual," kata Gayus.

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved