Berita Video

VIDEO: BIN Gelar Rapid dan SwabTest Massal di Ciledug, Zona Merah Tangerang

BIN menyediakan 700 kit rapid test yang habis terpakai karena pelaksanaan berlangsung sejak pagi hari.

istimewa
BIN Gelar Rapid dan SwabTest Massal di Zona Merah Tangerang 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG- Badan Intelijen Negara (BIN) kembali menggelar rapid dan swab test massal COVID-19.

Kegiatan digelar di Kawasan Bisnis CBD Ciledug, Jalan HOS Cokroaminoto RT 001, RW 001, Karang Tengah, Kota Tangerang, Sabtu (30/5/2020).

Rapid test massal ini merupakan arahan dari Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19.

Staf Khusus KaBIN Mayor Jenderal TNI (Purn) Neno Hamriono mengatakan, selain menyediakan kit rapid test, mereka juga membawa mobil laboratorium untuk swab test apabila dari hasil rapid ada yang reaktif. Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemkot Tangerang.

“Kenapa di daerah ini kami pilih sebagai tempat untuk rapid test? Karena adanya permintaan dari Pemerintah Kota Tangerang. Selain itu juga daerah ini merupakan daerah zona merah atau epicentrum (penyebaran COVID-19),” kata Neno di lokasi.

BIN menyediakan 700 kit rapid test yang habis terpakai karena pelaksanaan berlangsung sejak pagi hari. 

"Masyarakat yang datang akan kami layanani semaksimal mungkin, memang targetnya ada 500. Namun apabila yang datang lebih dari 500 orang itu kami akan tetap melayani sampai semua yang datang dilakukan rapid test seluruhnya dan swab test tentunya kalau ada yang reaktif dari rapid test,” urai dia.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga merupakan langkah proaktif dari BIN untuk menyisir wilayah epicentrum sesuai dengan program pemerintah,

"Tentunya kami melakukan test masif kemudian tracking yang agresif dan isolasi yang ketat. Program ini apabila terus dilakukan saya yakin dalam waktu tidak terlalu lama dapat mengatasi masalah virus corona ini,” beber Neno

Neno juga menerangkan, apabila dari hasil rapid test ada yang reaktif, akan langsung dilanjutkan dengan swab test.

Halaman
12
Penulis: M Nur Ichsan Arief
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved