PSBB Jakarta

Total 2.900 Kendaraan Diputarbalikkan Akibat tidak Punya SIKM

Mayoritas penumpangnya merupakan pendatang yang mau mencari pekerjaan semisal ART, serta mahasisiwa yang kembali dengan alasan kuliah di Jakarta.

Editor: Mohamad Yusuf
Dok PPID DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengecek Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 47, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Selasa (26/5/2020) menjelang maghrib. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Total sudah sebanyak 2.900 kendaraan yang diputarbalikkan sejak 15 Mei hingga 26 April 2020.

Penindakan tersebut dilakukan terkait dengan tidak dilengkapinya Surat izin Keluar Masuk (SIKM) para pengendara.

"Kemarin kendaraan yang diputarbalikkan totalnya sekitar 2.900, karena nggak punya SIKM," kata Syafrin Liputo Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

Dilansir dari Tribunnews, jenis kendaraan yang diputarbalikkan mulai dari kendaraan pribadi, angkutan umum, hingga travel.

Mayoritas penumpangnya merupakan pendatang yang mau mencari pekerjaan semisal asisten rumah tangga (ART), serta mahasisiwa yang kembali dengan alasan kuliah di Jakarta.

"Ditolak (mahasiswa), sekolah itu kan masih ditutup," tegas Syafrin.

Baca: Saat Jakarta Disebut Pemerintah Siap New Normal, Anies Baswedan Bantah Mal Segera Buka: Imajinasi

Ada juga pegawai perusahaan tapi bukan bekerja di 11 sektor usaha yang dikecualikan dalam Pergub Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Berpergian Keluar Masuk DKI Jakarta.

"Sesuai dengan aturan PSBB, petugas kesehatan, pekerja pemerintah, atau industri yang dibolehkan bisa mendapatkan SIKM dan kembali (ke Jakarta). Tapi, kalau di luar kegiatan yang dikecualikan itu pasti tidak mendapatkan SIKM," jelasnya lagi.

Lonjakan Pemohon SIKM

Pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta mencatat terjadi lonjakan permohonan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Adanya lonjakan permintaan SIKM tersebut terjadi saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minggu (24/5/2020) lalu.

Bahkan selama 24 jam dari Sabtu (23/5/2020) sampai Minggu (24/5/2020), jumlah permohonan SIKM mencapai 1.772 orang yang diterima DPMPTSP DKI Jakarta.

Menurut Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra, lonjakan permohonan SIKM, karena banyak warga luar Jakarta yang ingin kembali ke Jakarta.

 Tidak Kantongi SIKM, Penumpang Kereta Luar Biasa Dikarantina

 TAK Ber-KTP DKI dan Tak Miliki SIKM, Puluhan Pengendara dari Luar Jabodetabek Ditolak Masuk Jakarta

 Website Permohonan SIKM Sempat Tak Bisa Diakses Pada Selasa, DPMPTSP Lakukan Penyempurnaan

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved