Virus Corona

Penjelasan Lengkap Bandara Soetta Satu Pesawat Berisikan 131 Penumpang Positif Corona

Personel KKP langsung melakukan penanganan skrining kekarantinaan kesehatan termasuk melakukan rapid test kepada seluruh penumpang

Dok. AP II
Ilustrasi: Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan [KKP] bersama petugas Bandara Soekarno Hatta menjalankan prosedur protokol kesehatan bagi penumpang penerbangan repatriasi WNI dari Bangladesh yang mendarat Senin malam, 11 Mei 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDARA - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menjelaskan terkait foto viral di media sosial yang menyatakan ada 131 penumpang pesawat positif Covid-19.

Foto yang disertai caption tersebut menimbulkan mispersespi di tengah masyarakat.

Kepala KKP Kelas I Soekarno-Hatta Anas Ma’ruf menuturkan foto yang viral tersebut merupakan proses penanganan kedatangan penerbangan internasional repatriasi WNI menggunakan Wamos Air yang mendarat di Soekarno-Hatta pada 15 Mei 2020 dari Barbados.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, penerbangan repatriasi oleh Wamos Air dari Barbados itu membawa pulang sekitar 203 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal [ABK] ke Tanah Air.

Penumpang Pesawat dari Bardabos Jalani Rapid Test di Bandara Soetta, 131 Orang Positif Corona

 Candaannya Berbuntut Laporan Polisi, Rina Nose Mengaku Tak Tahu Latuconsina adalah Marga di Ambon

Larangan Shalat Id Berjamaah di Masjid Tuai Pro-Kontra, Jokowi: Pemerintah Tidak Melarang Beribadah

Dan memang, berdasarkan laporan perwakikan pemerintah RI di luar negeri, terdapat penumpang yang reaktif pada tes cepat Covid-19," ujar Anas kepada Warta Kota, Selasa (19/5/2020).

“Personel KKP dengan APD dan baju hazmat langsung melakukan penanganan skrining kekarantinaan kesehatan termasuk melakukan rapid test terhadap seluruh penumpang pesawat, dan terdapat 131 penumpang yang reaktif terhadap Covid-19."

"Kemudian seluruh penumpang pesawat dilakukan penanganan lebih lanjut di RS Darurat Corona Wisma Atlet. Begitu turun dari pesawat, penumpang langsung diantar ke RSDC Wisma Atlet, tidak melalui terminal penumpang,” sambungnya.

 Polisi Masih Terus Kejar Pelaku Prank Pemberian Bingkisan Ramadan Berisi Jasad Bayi

 Pergoki Sule WhatsApp-an dengan Mamahnya, Raffi Ahmad Panggil Komedian Itu dengan

Anas Ma’ruf menegaskan penanganan penumpang yang tergambar di foto tersebut bukan terjadi di penerbangan domestik.

“Yang ada di foto viral itu adalah penanganan pada kedatangan penerbangan internasional repatriasi WNI dari Barbados," kata Anas.

Senior Manager of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga mengatakan protokol karantina memang dilakukan terhadap pesawat Wamos Air dari Barbados itu.

Halaman
1234
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved