Breaking News:

Virus Corona

Begini Cara Kerja Sistem Imunitas Kita, Saat Virus Corona Menyerang

Pandemi covid-19 masih berlangsung dan kita harus tetap waspada. Masihkah Anda menjalankan protokol pencegahan penularan virus ini?

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Section Head of Claim Sequis dr Yosef Fransiscus mengatakan, Senin (18/5/2020), sangat penting untuk mematuhi protokol kesehatan ini jika kita serius ingin memutuskan rantai penularan virus corona di Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan kita harus tetap waspada. Masihkah Anda menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan virus ini?

Tetaplah menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker double, membilas tangan dengan hand sanitizer saat di luar rumah, segera mandi usai berpergian, dan membersihkan peralatan yang kita bawa dan kendaraan yang kita gunakan.

Section Head of Claim Sequis dr Yosef Fransiscus mengatakan, sangat penting untuk mematuhi protokol kesehatan ini jika kita serius ingin memutuskan rantai penularan virus corona di Indonesia.

"Istilah di rumah saja saat ini sedang populer. Ini baik untuk kita sosialisasikan pada anggota keluarga karena jika kita tidak bepergian akan lebih kecil kemungkinan risiko tertular dan tentunya tidak menambah jumlah korban positif yang terpapar," kata Yosef, Senin (18/5/2020).

Siapapun kita, kata Yosef dapat menjadi pembawa virus atau tertular virus corona. "Demi kebaikan bersama mari kita menjadi masyarakat yang responsif dan tertib karena virus corona ini mampu menular dengan cepat,” katanya.

 Anies Sebut Penyebaran Covid-19 di Jakarta Semakin Rendah Setelah DKI Keluarkan Kebijakan Ini

 Mirip Akademi Militer, Akademi Demokrat Sudah Lantik Lulusan Pertamanya, Langsung Dinas di DPR RI

 MANTAN Ketua KPK Abraham Samad Serang Kebijakan Jokowi Naikkan BPJS: Lain Gatal Lain Digaruk

Virus corona atau Covid-19, kata Yosef menyerang saluran pernafasan dan melemahkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia.

"Untuk itu, kita harus memastikan imunitas tetap terjaga. Apalagi, imunitas setiap orang berbeda kemampuannya, tergantung pada usia, riwayat hidup, dan gaya hidup," katanya.

Adapun imun dihasilkan oleh kelenjar thymus sebagai daya tahan tubuh alami yang bertugas melawan penyakit.

Lalu, bagaimana cara kerja sistem imun saat virus corona ini menyerang?

 Ini Alasan Kelurahan Sunter Agung Jakarta Utara Terbanyak Kasus Covid-19 di DKI

Yosef menjelaskan sebagaimana tubuh manusia, selama ini sebenarnya telah menghadapi serangan berbagai virus, yaitu pada saat tubuh terinfeksi maka akan mengeluarkan pertahanan kekebalan bawaan.

Pada respons awal, jika tubuh kita kuat akan memungkinkan untuk mengendalikan infeksi dengan cepat.

Pada kondisi ini, terjadi pelepasan protein interferon untuk mengganggu kemampuan virus agar tidak bereplikasi dalam sel-sel tubuh.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved