Formula E

Dugaan Maladministrasi Proyek Revitalisasi Monas dan Sirkuit Formula E, Ini yang Dilakukan Ombudsman

Pihak Ombudsman akan panggil Pemprov DKI dan Komrah, soal proyek revitalisasi Monas dengan proyek pembangunan sirkuit Formula E DKI Jakarta.

Dugaan Maladministrasi Proyek Revitalisasi Monas dan Sirkuit Formula E, Ini yang Dilakukan Ombudsman
dok.Pemprov DKI Jakarta
Ilustrasi - Pihak Ombudsman akan panggil Pemprov DKI dan Komrah, soal proyek revitalisasi Monas dengan proyek pembangunan sirkuit Formula E DKI Jakarta. 

Pihak Ombudsman akan panggil Pemprov DKI dan Komrah, soal proyek revitalisasi Monas dengan proyek pembangunan sirkuit Formula E DKI Jakarta.

Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya bakal memanggil Pemprov DKI Jakarta dan Komisi Pengarah Kawasan Pembangunan Medan Merdeka.

Hal itu, terkait dua proyek yang ada di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Ombudsman menduga ada mal-administrasi dari proyek revitalisasi dan rencana pembangunan sirkuit Formula E di Monas.

Perintah Kerja 24 Jam untuk Selesaikan Revitalisasi Monas yang Ditargetkan Selesai 20 Februari 2020

Pembangunan Sirkuit Formula E Bikin Batu Alam di Monas Tergores, Jakpro Anggap Sebagai Masukan

Ketua Katar: Kritik Revitilasi Monas Ditujukan Anies Muatannya Politis Menjurus ke Fitnah

“Pemeriksaan tersebut akan dilakukan karena adanya dugaan mal-administrasi dalam perizinan revitalisasi dan pemanfaatan Kawasan Cagar Budaya Monas"

"sebagaimana termuat di dalam UU Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya,” kata Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho berdasarkan keterangan yang diterima pada Jumat (28/2/2020).

Teguh mengatakan, DKI dianggap mengabaikan ketentuan Pasal 80 ayat 1 pada UU Nomor 11 tahun 2010.

Aturan itu menyebutkan, revitalisasi terhadap potensi situs cagar budaya atau kawasan cagar budaya memperhatikan tata ruang, tata letak, fungsi sosial, dan/atau landscape budaya asli berdasarkan kajian.

PT Jakpro melakukan uji coba pengaspalan di atas cobblestone sisi tenggara Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/2/2020) dini hari lalu. ()
PT Jakpro melakukan uji coba pengaspalan di atas cobblestone sisi tenggara Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/2/2020) dini hari lalu. () (dok.Pemprov DKI Jakarta)

Tindakan Pemprov DKI Jakarta merevitalisasi tanpa persetujuan dari Komrah merupakan dugaan mal-administrasi dari aspek formil.

Sementara secara substantif, keluarnya persetujuan dari Komrah harus sesuai dengan kewajiban sebagaimana tercantum dalam pasal 80 ayat 1 tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved