Breaking News:

Pendidikan

Universitas Moestopo–JUIDA Indonesia Gelar Workshop Terbangkan Drone, Lisensi Berlaku di 15 Negara

Drone awalnya digunakan terbatas pada bidang militer, tapi teknologi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) ini kini sudah digunakan untuk berbagai keperluan.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Prof Dr Rudy Harjanto, M.Sn (kedua dari kiri) memberikan cendera mata kepada Asisten Khusus Menteri Pertahanan Mayjen (Purn) Chairawan Kadarsyah Kadirussalam Nusyirwan usai membuka workshop kemahiran dan keselamatan penggunaan drone di Kampus Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Hang Lekir Jakarta, Senin (24/2/2020). 

"Dalam workshop ini kita memperlajari itu, mulai dari teori hingga praktek. Selain itu, kita juga memberikan pemahaman terkait faktor aeronotika, meteorologi yang terkait cuaca dan aerodinamisnya...”

PESAWAT tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan komputer atau remote control (drone) mulai marak digunakan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.

Walaupun awalnya digunakan terbatas pada bidang militer, teknologi yang dikenal dengan istilah Unmanned Aerial Vehicle (UAV) ini sudah digunakan untuk berbagai keperluan saat ini.

Pesawat nirawak ini kini sering dipakai untuk mencari korban bencana alam dan bencana lainnya, menegakkan hukum melalui pengawasan dan penjagaan kawasan antarnegara, dan membantu perawatan infrastruktur yang berada dalam ketinggian.

Moestopo Kembangkan Pemanfaatan Teknologi Drone Untuk Edukasi

Percepat Penanganan Virus Corona, China Gunakan Drone Kirim Perlengkapan Medis Lintas Provinsi

Pola Pengasuhan Drone Parenting dan Peran Ayah dalam Pengasuhan Generasi Alfa

Tak hanya itu, teknologi ini juga digunakan di bidang perkebunan dan pertanian, jurnalisme, penelitian, perfilman, dan lain sebagainya.

Berkembangnya tren penggunaan drone ini mendorong Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) menyelenggarakan workshop kemahiran dan keselamatan penggunaan drone berlisensi internasional pada 24 – 27 Februari 2020 di Kampus Universitas Moestopo Jakarta.

Kegiatan ini dibuka dan diresmikan oleh Asisten Khusus Menteri Pertahanan Mayjen (Purn) Chairawan Kadarsyah Kadirussalam Nusyirwan bersama pimpinan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) pada Senin (24/2/2020).

Asisten Khusus Menteri Pertahanan Mayjen (Purn) Chairawan Kadarsyah Kadirussalam Nusyirwan memberikan sambutan saat membuka acara workshop kemahiran dan keselamatan penggunaan drone di Kampus Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Hang Lekir Jakarta, Senin (24/2/2020).
Asisten Khusus Menteri Pertahanan Mayjen (Purn) Chairawan Kadarsyah Kadirussalam Nusyirwan memberikan sambutan saat membuka acara workshop kemahiran dan keselamatan penggunaan drone di Kampus Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Hang Lekir Jakarta, Senin (24/2/2020). (Istimewa)

Instruktur internasional

Kepala Biro Kerja Sama dan Pengembangan Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Ambar Pertiwi mengatakan workshop ini digelar dalam kerja sama dengan  JUIDA (Japan UAS Industrial Development Association) Indonesia.

“Kegiatan pelatihan akan berlangsung selama empat hari dengan melibatkan instruktur berstandar internasional," tuturnya.

"Dua hari pertama adalah pembekalan teori di Kampus Hang Lekir Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) dan dua hari terakhir akan meliputi praktik langsung di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru,” imbuh Ambar kepada Wartakotalive.com, Senin (24/2/2020).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved