Fadli Zon Tegaskan Indonesia Darurat Guru, Guru PNS Pensiun Tapi Guru Honorer Tidak Kunjung Diangkat

Fadli Zon tegaskan Indonesia darurat guru, puluhan ribu guru PNS pensiun tapi guru honorer tidak kunjung diangkat. Guru honorer seperti dieksploitasi

KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2019). Fadli Zon sempat memberikan komentar soal isu Prabowo Subianto masuk Kabinet Jokowi.  

Hari Guru Nasional yang diperingati pada tanggal 25 November 2019 dinilai Fadli Zon menjadi momentum bagi pemerintah dalam menyelesaikan masalah kesejahteraan guru.

Terlebih, Indonesia kini diungkapkan mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia itu tengah mengalami darurat guru.

Sebab, berdasarkan data Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, jumlah guru yang berstatus sebagai Pegawai Negeri SIpil (PNS) kini hanya sebanyak 1,3 juta orang.

Jumlah guru tersebut diungkapkannya jauh dari jumlah guru idela yang mencapai sebanyak 2,1 juta orang.

"Angka ini akan semakin meningkat, mengingat pada tahun ini terdapat sebantyak 52.000 guru PNS akan pensiun," ungkap Fadli Zon lewat akun twitternya, @fadlizon; pada Senin (25/11/2019) petang.

Sebagian kekurangan tersebut diungkapkan Fadli Zon coba ditutupi pemerintah dengan guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Sedangkan sisinya, yakni sebanyak 746.121 orang guru coba dipenuhi oleh pemerintah melalui sistem guru honorer.

Namun, keberadaan guru berstatus honorer menurutnya, tidak menyelesaikan masalah tetapi justru memunculkan masalah baru.

Sebab, kesejahteraan guru honorer diketahui masih sangat jauh dari layak.

"Pada Juli lalu, misalnya, kita dikejutkan dengan kabar seorang guru di Pandeglang dengan honor Rp 350 ribu perbulan, yang terpaksa tinggal di toilet sekolah. Atau guru honorer di Samarinda yg sudah 10 tahun mengajar, namun bertahan dgn gaji Rp 800 ribu perbulan," ungkap Fadli Zon.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved