Berita Video

VIDEO: Fasihnya Penipu Modus Ngaku Pegawai Mahkamah Agung Perdayai Korban Melalui Telepon

"Selamat siang Pak, saya staf bidang perkara MA diminta panitera pengganti Pak Harry kepada kedua belah pihak untuk pemberitahuan jadwal sidang.

VIDEO: Fasihnya Penipu Modus Ngaku Pegawai Mahkamah Agung Perdayai Korban Melalui Telepon
Warta Kota
Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya gelar konpers ungkap kasus di Mapolda Metro Jaya, Jumat (2/8/2019) 

Enam orang pelaku sindikat penipuan dengan modus mengaku sebagai staf dan panitera di Mahkamah Agung (MA) dibekuk Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Sindikat ini menyasar perusahaan atau perorangan atau pengusaha yang tengah berperkara atau melakukan gugatan di MA, dengan janji dapat membantu memenangkan gugatan atau perkara.

Sehingga korban diperdayai dengan dimintai uang hingga ratusan juta atau bahkan miliaran rupiah dengan janji perkara mereka dimenangkan atau dikabulkan MA.

Enam pelaku yang dibekuk adalah Andi (38) alias Doni, Riswan (23), A (38), EK (45), S alias Daddi (39) dan Awi (40).

Mereka dibekuk dari markas mereka di rumah Andi, di kawasan Bekasi, Jawa Barat, 31 Juli 2019 lalu.

Selain mengaku sebagai pegawai MA, kawanan ini juga kadang mengaku sebagai staf atau panitera di pengadilan negeri di wilayah Jabodetabek dan menipu orang yang sedang berperkara di pengadilan negeri yang dimaksud.

Modus lainnya, mereka juga menyasar bendahara suku dinas atau dinas tertentu yang pejabatnya dirotasi dengan mengaku sebagai calon pejabat baru. Dari sana mereka meminta uang ke bendahara untuk biaya perpindahan.

Dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jumat (2/8/2019), lima dari enam pelaku dihadirkan polisi. Sementara satu pelaku lainnya diketahui sedang sakit.

Dua pelaku yakni Andi sebagai pimpinan sindikat ini dan Riswan, sempat memperagakan bagaimana mereka menelepon calon korban untuk memperdayainya.

Mereka menelepon calon korban yang disasar, setelah Andi terlebih dahulu memilih dan memilah calon korbannya melalui website resmi MA.

VIDEO: Enam Penipu Ngaku Pegawai Mahkamah Agung Keruk Ratusan Juta, Dibekuk Polda Metro Jaya

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved