Reuni 212

Hadiri Reuni 212, Habib Rizieq Mengaku Masih Berstatus Pembebasan Bersyarat dan Wajib Lapor

Rizieq mengaku dirinya masih dalam status Pembebasan Bersyarat (PB) pasca keluar dari penjara pada Rabu (20/7/2022) lalu.

Wartakotalive/M Rifqi Ibnumasy
Habib Rizieq Shihah hadiri reuni 212 di Masjid At-Tin ungkap status pembebasan bersyarat yang harus dijalani, Jumat (2/12/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ulama kondang Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq turut bergabung bersama ribuan jamaah dalam Reuni 212, Jumat (2/12/2022).

Acara yang digelar di area Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur tersebut berjalan meriah dengan lantunan selawat dan gema takbir.

Saat memberikan tausiah, Rizieq mengaku dirinya masih dalam status Pembebasan Bersyarat (PB) pasca keluar dari penjara pada Rabu (20/7/2022) lalu.

"Masyarakat perlu tahu bahwa status saya ini PB (Pembebasan Bersyarat). Nah, pembebasan bersyarat tentu ada syarat-syarat yang tidak boleh saya langgar, sekurang-kurangnya ada tiga syarat," kata Rizieq di lokasi.

"Ini syarat utama, syarat penting, kalau saya langgar pembebasan bersyarat dibatalkan dan saya harus ditahan lagi selama 1 tahun," sambungnya.

Baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Alasan Habib Rizieq Shihab Datang ke Masjid At-Tin: Agar Massa Tak ke Petamburan

Rizieq mengaku, sebelum panitia reuni 212 mengundangnya untuk hadir ia harus memastikan acara tersebut tidak menyalahi hukum yang akan membuatnya masuk jeruji besi kembali.

Masa PB bagi Rizieq akan berakhir pada 10 Juni 2024 mendatang hingga akhirnya ia bebas sepenuhnya.

Sembari bercanda, ia juga meminta agar massa 212 tidak provokatif karena akan mengancamnya masuk bui.

Atas PB yang Rizieq terima, ia dikenai wajib lapor tiap bulannya dan jika hendak pergi ke luar kota harus mengajukan perizinan tertulis.

"Kalau saya mau keluar kota, saya ajukan permohonan. Kalau diizinkan saya keluar kota. Kalau tidak diizinkan ga boleh saya keluar kota," ungkapnya. 

Selain itu, selama proses PB ditetapkan Rizieq juga dilarang untuk melakukan pelanggaran hukum karena dapat yang dapat menggugurkan kebijakan itu.

Baca juga: Reuni 212 Dimodali Kelompok Tertentu, Dibantah Menantu Habib Rizieq Shihab

"Kadang-kadang menurut kita enggak  melawan hukum, tapi menurut lawan kita melanggar hukum. Buktinya saya cuma bilang baik-baik saja diancam 10 tahun penjara. Dituntut enam tahun, divonis empat tahun," ungkapnya. 

"Begitu saya masuk ke kasasi akhirnya turun jadi dua tahun gara-gara saya mengatakan saya baik-baik saja.  Artinya apa? Bagi kita itu bukan pelanggaran, tapi bagi orang yang ga suka dengan kita itu akan dijadikan permasalahan," pungkasnya. 

Tak Boleh Sembarangan Tinggalkan Petamburan

Habib Rizieq Shihab sudah menghirup udara bebas setelah menjalani masa tahanan di rumah tahanan Bareskrim Polri selama 2/3 masa tahanan pada Rabu (20/7/2022) lalu.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved