Partai Politik

Copot Syaifullah Tamliha Sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR, Fraksi PPP Bantah karena Tentang Mukernas

Penetapan pimpinan itu digelar di ruang rapat Komisi V DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2022), dan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

Editor: Yaspen Martinus
ppp.or.id
Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mencopot Syaifullah Tamliha sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR, dan menggantikannya dengan Muhammad Iqbal. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mencopot Syaifullah Tamliha sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR, dan menggantikannya dengan Muhammad Iqbal.

Penetapan pimpinan itu digelar di ruang rapat Komisi V DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2022), dan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

Di meja pimpinan, Gobel didampingi Ketua Komisi V DPR Fraksi PDIP Lasarus, Wakil Ketua Komisi V DPR Fraksi Golkar Ridwan Bae, dan Wakil Ketua Komisi V DPR Fraksi NasDem Roberth Rouw.

Pantauan i di lokasi, Syaifullah Tamliha tak tampak di ruang rapat Komisi V DPR.

"Kami selaku pimpinan rapat menanyakam kepada anggota Komisi V DPR RI, apakah Saudara Haji Muhammad Iqbal nomor anggota A-463 dapat disetujui sebagai wakil Ketua Komisi V DPR RI?" Tanya Gobel kepada peserta rapat.

"Setuju," jawab peserta rapat.

Baca juga: Serukan Kader Perindo Sumut Solid Sejahterakan Rakyat, TGB dan Mahyudin: Percaya Kita Menang di 2024

Kemudiam, Gobel mengucapkan terima kasih kepada Tamliha atas kepemimpinan selama menjabat pimpinan di Komisi V DPR.

"Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Saudara Syaifullah Tamluha atas kepemimpinan dan kerja sama yang baik selama menjadi wakil ketua Komisi V DPR RI," tutur Gobel.

Pergantian pimpinan Komisi DPR itu berdasarkan surat dari pimpinan Fraksi PPP nomor 271/KD/IX/2022 tanggal 12 September 2022, perihal penggantian pimpinan Komisi V DPR dari Fraksi PPP DPR.

Baca juga: Gubernur Papua Lukas Enembe Dicegah ke Luar Negeri, Kuasa Hukum Bilang Statusnya Sudah Tersangka

Fraksi PPP membantah pencopotan Syaifullah Tamliha dari Wakil Ketua Komisi V DPR, karena menentang hasil Mukernas partai berlambang Kakbah itu.

Tamliha merupakan kader PPP yang membela Suharso Monoarfa setelah diberhentikan sebagai Ketua Umum PPP melalui Mukernas di Serang, Banten.

"Sama sekali enggak ada hubungannya, karena itu tupoksi di DPP."

Baca juga: Ricky Rizal Dikabarkan Berniat Jadi JC, LPSK Sarankan Permohonan Diajukan Sebelum Sidang

"Ini kan tupoksi di fraksi," kata Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Pria yang akrab disapa Awiek itu berujar, alasan pergantian pimpinan Komisi V DPR dari Syaifullah Tamliha ke Muhammad Iqbal, dalam rangka penugasan partai, dan memberikan kesempatan yang sama kepada anggota fraksi.

Menurut Ketua DPP PPP itu, tak ada yang istimewa dalam pergantian pimpinan Komisi V hari ini.

Baca juga: Duga Putri Candrawathi Ikut Tembak Brigadir Yosua, Ketua Komnas HAM: Agar Penyidik Memastikan

"Jadi hari ini kita melihat ada kebutuhan di pimpinan komisi V dari PPP untuk regenerasi."

"Supaya dinamika internal fraksi tetep berjalan sebagaimana mestinya, dan semua anggota fraksi di PPP harus siap untuk dilakukan penugasan."

"Penugasan di fraksi bukan sesuatu yang kayak seperti kitab suci, tidak bisa diubah-ubah."

"Jadi sebagai kader fraksi, anggota fraksi memang harus siap ditempatkan di manapun tergantung dari keputusan," terangnya. (Chaerul Umam)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved