Indonesia Cetak Sejarah di Turnamen Asia Rugby Sevens Trophy 2022

Indonesia mencetak sejarah di turnamen Asia Rugby Sevens Trophy 2022 yang digelar di Lapangan Rugby GBK, Senayan, Jakarta.

Editor: Rendy Renuki
Istimewa
Timnas rugby Indonesia bertanding di turnamen Asia Rugby Sevens Trophy di Lapangan Rugby GBK, Senayan, Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Indonesia mencetak sejarah di turnamen Asia Rugby Sevens Trophy 2022 yang digelar di Lapangan Rugby GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu-Minggu, 6 dan 7 Agustus 2022.

Sejarah yang dicetak Indonesia adalah untuk pertama kalinya event tahunan Federasi Rugby Asia (Asia Rugby) ini ramai diikuti tim peserta dari sejumlah negara di Asia.

Total, ada 19 tim dari 13 negara Asia yang bertanding di turnamen ini. Jumlah tersebut terdiri dari 12 tim putra dan 7 putri.

"Ini adalah event terbesar dalam sejarah rugby di Asia. Kita belum pernah menggelar kejuaraan yang diikuti sampai 19 tim," kata Ketua Rugby Asia Qais Al-Dhalai, Sabtu (6/8/2022).

Tak hanya mencetak sejarah sebagai tuan rumah event skala Asia, prestasi Timnas rugby seven Indonesia juga mendapat pujian.

Terlebih Timnas rugby putra dan putri Indonesia langsung unjuk gigi pada pertandingan di hari pertama Asia Rugby Sevens Trophy.

Timnas rugby seven putra meraih kemenangan 43-5 dari Brunei Darussalam. Sedangkan Timnas putri menang 43-0 menang lawan Nepal.

"Jujur, rugby di Indonesia tumbuh sangat pesat. Asia Rugby yang beranggotakan 36 negara, Indonesia menjadi salah satu negara yang perkembanganya sangat pesat di Asia," tutur Qais.

"Federasi telah melakukan tugasnya dengan baik dengan tim putra dan putri. Anda bisa lihat hari ini tim putra dan putri memenangkan pertandingan pertama," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI) Didik Mukrianto mengatakan, Timnas rugby putra dan putri Indonesia sedang berusaha mengincar peringkat tiga besar di Asia.

"Kita lihat di game-game awal, Timnas putra dan putri Indonesia cukup luar biasa. Mudahan-mudahan Insya Allah kami ikhtiarkan tim putra dan putri masuk tiga besar di Asia," kata pria yang juga menjabat Wakil Presiden Federasi Rugby Asia.

Didik menambahkan, turnamen Asia Rugby Sevens Trophy ini pun sekaligus menjadi ajang mengukur kekuatan Timnas putra dan putri untuk tampil di multievent seperti SEA Games dan Asian Games.

Baca juga: Raih 171 Medali Emas, Indonesia Melampaui Target dan Keluar Sebagai Juara Umum ASEAN Para Games 2022

"Di Asia ini ada single event yang dilakukan Asia Rugby satu tahun sekali, dan juga multievent baik SEA Games maupun Asian Games. Tentu kita ikhtiarkan Indonesia akan menjadi bagian itu semuanya," kata Didik.

"Yang terdekat, kita akan melakukan persiapan PON di Aceh pada 2024. Rugby juga menjadi salah satu peserta dan Insya Allah rugby akan memainkan delapan nomor di PON," tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved