ASEAN Para Games 2022

Raih 171 Medali Emas, Indonesia Melampaui Target dan Keluar Sebagai Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Kontingen Indonesia mampu melampaui target dan keluar sebagai juara umum pada gelaran ASEAN Para Games XI 2022.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai usai menyaksikan laga final sepakbola Cerebral Palsy di Stadion UNS, Solo, Jumat (5/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, SOLO - Kontingen Indonesia mampu melampaui target dan keluar sebagai juara umum pada gelaran ASEAN Para Games XI 2022.

Indonesia jadi juara umum ASEAN Para Games 2022 setelah mengumpulkan 171 medali emas, 139 perak, dan 110 perunggu.

Sebelumnya, NPC Indonesia menargetkan kontingen Indonesia bisa keluar sebagai juara umum dengan torehan medali minimal 104 medali emas.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun mengapresiasi pencapaian itu.

Baca juga: Bunga Citra Lestari Unggah Klarifikasi Terlibat Dalam Acara Penutupan ASEAN Para Games 2022

Baca juga: Penyelenggaraan Asean Para Games 2022 Diapresiasi Peserta Negara Lain

Baca juga: Warmia Tidak Menyangka Dirinya Berhasil Meraih Medali Emas Lempar Lembing ASEAN Para Games 2022

Zainudin menilai, prestasi membanggakan yang diraih atlet Para Games tanah air di ajang ASEAN Para Games Solo 2022, merupakan hasil dari perumusan kebijakan-kebijakan yang benar dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Menurut saya, ini merupakan hasil dari perumusan kebijakan yang benar. Jadi sejak adanya DBON, kita menempatkan atlet-atlet Para Games kita setara dengan atlet-atlet Olympic. Jadi Bapak Presiden meminta kepada saya untuk menyetarakan atlet difabel ini dengan non difabel,” kata Zainudin, Sabtu (6/8/2022).

“Maka tempat mereka dalam DBON itu sama. Itu yang membuat mereka terpacu Dari pengakuan mereka, selama ini baru periode pemerintahan sekarang mereka diperlakukan setara dengan yang non difabel, sehingga termotivasi dan mendorong untuk membalas kepercayaan pemerintah dan Presiden dengan prestasi,” jelas Zainudin.

BERITA VIDEO: Presiden Jokowi Sampaikan 2023 akan Jadi Tahun Gelap untuk Semua Negara

Zainudin menerangkan bahwa pencapaian itu jadi cerminan dari Paralimpiade Tokyo lalu dimana para atlet Indonesia juga bisa melampaui target.

Zainudin berharap, para atlet Indonesia kedepan bisa terus menorehkan prestasi.

Tahun depan, para atlet Indonesia bersiap kembali tampil pada ASEAN Para Games Kamboja dan Asian Para Games 2023.

Tak hanya itu, para atlet juga bersiap tampil pada single event untuk mendapatkan kuota tampil pada Paralimpiade Paris 2024.

“Kita tahu Thailand, Vietnam, Malaysia juga luar biasa kekuatannya, sehingga kita mengukur betul bagaimana menempatkan posisi target Indonesia. Tetapi, apa yang terjadi sekarang dengan 171 emas ini melampaui jauh dari target awal,” jelas Zainudin.

“Dengan hasil ini saya tidak begitu kaget, karena saat Paralimpiade Tokyo lalu kita menargetkan peringkat 60 dunia. Sebelumnya di Rio de Janeiro 2016 kita posisi 76 dunia, tetapi atlet Paralimpiade kita mampu menembus ke posisi peringkat ke-43 dunia," papar Zainudin.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved