Virus Corona

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemerintah Perpanjang PPKM Hingga 1 Agustus 2022

Terdapat 385 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang berstatus PPKM level 1, dan hanya ada satu kabupaten/kota yang berstatus PPKM level 2.

Editor: Yaspen Martinus
TRIBUNNEWS
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali dan non Jawa-Bali, hingga 1 Agustus 2022. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali dan non Jawa-Bali, hingga 1 Agustus 2022.

"Khusus pemberlakuan pembatasan kegiatan di luar Jawa-Bali ini akan diperpanjang dari tanggal 5 Juli sampai 1 Agustus," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/7/2022).

Airlangga mengatakan, terdapat 385 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang berstatus PPKM level 1, dan hanya ada satu kabupaten/kota yang berstatus PPKM level 2.

Baca juga: Ketua Dewan Kehormatan PWI: Usulan Wartawan Dapat Tunjangan dari Pemerintah Sesat Pikir

"Di level 2 yaitu Kabupaten Sorong di Papua Barat," ungkapnya.

Kasus Covid 19 di Indonesia bertambah 1.614 orang pada Minggu (3/7/2022) kemarin. Kasus sembuh bertambah 1.606 orang, dan kasus meninggal ada empat orang.

Sempat Buka Peluang Cabut PPKM

Pemerintah membuka peluang mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Syafrizal ZA mengatakan, pemerintah bakal mengamati dan mengevaluasi perkembangan kasus Covid-19 harian setiap pekan.

Pengamatan itu akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan.

Baca juga: EMPAT Alasan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Salah Satunya Kasus di 70 Negara Masih Meningkat

“Jadi misalnya minggu depan juga akan dievaluasi, kalau kondisinya masih sama, nanti dievaluasi minggu berikutnya sampai dengan satu bulan.”

“Tapi minggu depan jika hasil evaluasi menentukan, PPKM itu akan dihentikan,” kata Syafrizal ZA di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2022).

Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau mematuhi protokol kesehatan, meski aktivitas sudah berangsur normal.

Baca juga: Sekjen PDIP: Hubungan Megawati dan Jokowi Mendalam, Dilandasi Hubungan Batin yang Kuat

Dia menyebutkan, kasus rata-rata Covid-19 di Indonesia sabanyak 350 kasus er hari. Dia pun berharap segera bisa menyentuh zero case.

Dia menjelaskan, hampir seluruh wilayah di Indonesia saat ini sudah berada di PPKM level 1. Artinya, kegiatan masyarakat sudah berjalan relatif normal.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved