Aksi Terorisme

Mahasiswa di Malang yang Diciduk Densus 88 Galang Dana untuk ISIS Lewat Grup Medsos Sejak 2019

IA (22), mahasiswa di Malang yang ditangkap Densus 88, ternyata sudah aktif menggalang dana sejak 2019 silam.

Editor: Yaspen Martinus
Wartakotalive.com/Budi Samlaw Malau
IA juga diduga secara gamblang menyatakan pengumpulan dana itu ditujukan untuk membantu kegiatan kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - IA (22), mahasiswa di Malang yang ditangkap Densus 88, ternyata sudah aktif menggalang dana sejak 2019 silam.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, IA aktif menggalang dana melalui sebuah grup di salah satu media sosial.

"Sejak tahun 2019 itu dia (IA) sudah melakukan komunikasi, mengajak rekan-rekan di grup salah satu medsos tersebut," kata Ramadhan kepada wartawan, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Ikuti Mau Pemerintah Kampanye Pemilu 2024 Digelar 90 Hari, KPU: Bukan Hal Baru

Ramadhan menjelaskan, IA juga diduga secara gamblang menyatakan pengumpulan dana itu ditujukan untuk membantu kegiatan kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"Jadi dia menyampaikan dukungan ya, bentuknya dia menyampaikan dukungan terhadap ISIS."

"Kemudian mengajak di grup di salah satu medsos untuk mendukung kegiatan ISIS dengan memberikan bantuan dana," ungkap Ramadhan.

Baca juga: Minta Masyarakat Divaksin Covid-19 Dua Dosis dan Boster, Jokowi: Jangan Pilih-pilih Vaksin

Ia menuturkan, dana-dana itu kemudian dikirimkan oleh IA untuk sejumlah kegiatan teroris. Di antaranya, pelatihan fisik hingga pembelian senjata.

"Pemberangkatan untuk pelatihan fisik atau militer, juga untuk bisa pembelian senjata."

"Jadi pengumpulan dana itu bisa dilakukan dalam kegiatan teroris apa saja," terangnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang mahasiswa berinisial IA (22) di Malang, Jawa Timur, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Rencana Tesla Berinvestasi di Indonesia, Luhut: Harus Sabar, Ini Investasi dengan Nilai Jumbo

IA ditangkap sekitar pukul 12.00 WIB. Dia merupakan salah satu mahasiswa aktif di salah satu perguruan tinggi di Malang.

"Penangkapan dilakukan kemarin Senin 23 Mei 2022 kurang lebih pukul 12.00 WIB, terhadap satu orang tersangka atas nama inisial IA, umur 22 tahun."

"Seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di kota Malang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramdhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: DAFTAR Lengkap PPKM Jawa-Bali Hingga 6 Juni 2022: Jakarta Level 1, Pamekasan Tertahan di Level 3

Ramadhan menerangkan, IA ditangkap karena diduga terlibat dalam pendanaan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved