Komunitas

HaloPuan Gandeng 16 Ormas dan Komunitas Sosial di Jawa Barat Lawan Stunting dengan Daun Kelor

Gerakan Melawan Stunting ini memanfaatkan bubuk daun kelor sebagai alternatif asupan tambahan bagi balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Dok. HaloPuan
HaloPuan menggandeng 16 ormas dan komunitas sosial dalam acara Silaturahmi dan Workshop Gerakan Melawan Stunting yang berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (20/5/2022) lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Momen Hari Kebangkitan Nasional 2022, HaloPuan mengajak 16 organisasi kemasyarakatan  (ormas) dan komunitas sosial untuk berkolaborasi dalam Gerakan Melawan Stunting di Jawa Barat.

Ajakan itu disampaikan HaloPuan dalam acara Silaturahmi dan Workshop Gerakan Melawan Stunting yang berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (20/5/2022) lalu. 

Sebelumnya, selama enam bulan sejak Oktober 2021 hingga Maret 2022, wadah sosial yang didirikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani itu, bergerak di 23 desa dari 17 kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk melawan stunting bersama warga.

Koordinator HaloPuan, Poppy Astari mengatakan, pengalaman mereka selama enam bulan berkeliling di Jawa Barat menunjukkan bahwa Gerakan Melawan Stunting sangat penting untuk dilanjutkan dan diperluas.

"Untuk itu, kami berharap kita bisa membangun kolaborasi dan sinergi karena kami tak bisa bergerak sendiri," kata Poppy dalam keterangaan resminya, Minggu (22/5/2022).

Baca juga: Relawan HaloPuan Gelar Gerakan Melawan Stunting di Kota Karawang

Baca juga: Di Ciater, Relawan HaloPuan Bergerak Melawan Stunting

16 ormas dan komunitas sosial yang digandeng HaloPuan dalam gerakan itu, antara lain Muslimat Nahdlatul Ulama Jawa Barat, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jawa Barat, Aisyiyah Jawa Barat, Pergerakan Sarinah Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI), Kohati,

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jawa Barat, Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IpeKB) Jawa Barat, Paguyuban Sundawani, dan Forum Generasi Berencana (GenRe) Jawa Barat.

Selain membahas bentuk kolaborasi yang akan dilakukan dalam Gerakan Melawan Stunting, para pengurus ormas dan komunitas sosial itu, juga menyimak paparan praktisi pertanian kelor Ai Dudi Krisnadi tentang kekayaan nutrisi daun kelor.

Gerakan Melawan Stunting yang diinisiasi Puan Maharani dan digerakkan HaloPuan bersama warga dengan ciri khas, yaitu memanfaatkan bubuk daun kelor sebagai alternatif asupan tambahan bagi balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Di setiap kegiatan, HaloPuan menunjukkan cara terbaik mengolah daun kelor menjadi bubuk, yang kemudian bisa dijadikan berbagai variasi menu makanan.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved