Lifestyle

Cilukbalita, Aplikasi Bagi Orangtua Untuk Bantu Perkembangan Otak dan Potensi Anak

Aplikasi ini dapat diakses gratis secara daring dan luring untuk pembelajaran visual dan auditori.

Istimewa
Aplikasi Cilukbalita 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Yayasan Minderoo bersama Universitas Sidney merilis aplikasi dengan sebutan Thrive by Five atau Cilukbalita di Indonesia.

Cilukbalita adalah sebuah aplikasi bagi orangtua dan pengasuh lainnya untuk membantu anak-anak berkembang pada masa kini dan menuju masa depan.

Nicola Forrest, Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation mengatakan, aplikasi ini untuk
membantu anak-anak berkembang langsung melalui dukungan jutaan orangtua dan pengasuh.

“Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka," kata Nicola Forrest dalam siaran persnya, Senin (9/5/2022). 

Aplikasi yang dikhususkan bagi orangtua dan pengasuh anak-anak berusia 0-5 tahun ini, dikemas dalam bahasa lokal, serta kontennya pun disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, aplikasi ini dapat diakses gratis secara daring dan luring untuk pembelajaran visual dan auditori.

Baca juga: Untuk Meningkatkan Peminat Burger, Hari Burger Nasional DIdeklarasikan Five Monkeys Burger

Baca juga: Habis Libur Lebaran Kok Malah Sedih dan Stres, Ini Berarti Anda Mengalami Holiday Blues

“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak, untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya," kata Nicola

Aplikasi Cilukbalita dibuat sederhana, meskipun mengkombinasikan ilmu pengetahuan terkini dengan praktik-ptaktik pengasuhan lokal.

Dengan sentuhan personal dan konten dibuat khusus untuk anda dan anak anda.

"Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan yang signifikan,” terangnya.

Dengan aplikasi ini, kata Nicola, orangtua dan pengasuh bersama anak dapat membuat rencana kegiatan berdasarkan topik-topik lokal yang menarik seperti mengelola emosi, menjaga keamanan, dan membangun rutinitas dan lainnya.

Kegiatan-kegiatan dalam aplikasi menjunjung praktik-praktik lokal dan budaya dan didukung oleh penelitian pengasuhan anak mutakhir.

"Aplikasi ini menarik dan mudah untuk memahami kegiatan-kegiatan yang membantu para pengasuh dan anak mereka untuk terhubung, berkomunikasi dan bermain," paparnya.

Selain itu juga, aplikasi Cilukbalita dapat membangun kebiasaan untuk sebuah rumah yang sehat dan memperkuat ikatan dengan komunitas mereka.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved