Nasional

Penyaluran BLT Minyak Goreng di Jawa Timur Sudah 75 persen, Sebelum Lebaran Selesai

Agus pun mengaku optimis penyaluran BLT minyak goreng kepada KPM di wilayah Provinsi Jawa Timur dapat rampung sebelum Lebaran.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat menyambangi Pasar Anom, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

WARTAKOTALIVE.COM, SUMENEP - Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dari Kementerian Sosial di wilayah Provinsi Jawa Timur sudah mencapai 75,75 persen.

Deputi Eksekutif Vice President Regional V PT Pos Indonesia Agus Aribowo mengatakan, pihaknya mendapat alokasi sebanyak 3.098.115 keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca juga: Penyaluran BLT Minyak Goreng di Sumenep Baru 32 persen, Ini Alasannya

Sementara untuk realisasi di lapangan sampai dengan saat ini sudah ada tersalurkan sebanyak 2.346.892 KPM dan sisanya sekitar 751.226 KPM.

“Sehingga achievement tercapai sebesar 75,75 persen sampai saat ini,” ungkap Agus, di Pasar Bangkal, Kabupaten Sumenep, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Penerima Bantuan dari Kemensos di Sumenep Jadi Modal Usaha Hingga Kebutuhan Sehari-hari

Baca juga: Bagikan BLT Minyak Goreng dari Kemensos di Sumenep, Jokowi Harap Bisa Ringankan Beban Warga

Agus pun mengaku optimis penyaluran BLT minyak goreng kepada KPM di wilayah Provinsi Jawa Timur dapat rampung sebelum Lebaran.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat menyambangi Pasar Anom, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat menyambangi Pasar Anom, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

“InsyaAllah pasti selesai sebelum Lebaran, bahkan mungkin jauh sebelum Lebaran. Kondisi saat ini tanggal 20 (April), paling 1-2 hari sudah selesai,” sambung Agus.

Menurut Agus, pencapaian tersebut tidak lepas dari peran para pendamping KPM yang sangat mengetahui kondisi dari masyarakat itu sendiri.

“Kami sangat terbantu dengan pendamping karena mereka yang paham betul kondisi posisi dan para KPM,” ucapnya.

Baca juga: Bagikan Bantuan dari Kemensos di Pasar Anom Sumenep, Jokowi Disambut Antusias Warga

Baca juga: Pastikan BLT Minyak Goreng Tepat Sasaran, Kemensos Rancang Sistem Pengawasan Berlapis

Penyaluran BLT minyak goreng yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia menggunakan tiga metode berbeda. Metode pertama dengan penyaluran ke komunitas.

Sementara itu, untuk metode kedua dengan cara door to door dimana petugas menyasar KPM yang terbatas geraknya seperti sakit, difabel maupun lansia.

Satu metode lain yakni masyarakat mendatangi Kantor Pos terdekat untuk bisa mengambil BLT minyak goreng secara langsung.

“Jadi kita beritahukan setelah pembayaran di komunitas, kalau misalnya belum ambil, bisa ambil di kantor pos terdekat,” ungkap Agus. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved