Jadi Mitra Binaan Pertamina, Batik Pekatan Naik Omzet Selama Pandemi Covid-19

Bersama Pertamina, Batik Pekatan sudah dua kali mengikuti event yaitu Pertamina Smexpo 2021 dan Adiwastra yang saat ini sedang berlangsung.

Editor: Lucky Oktaviano
Dok PT Pertamina (Persero) Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat
Batik Pekatan yang berlokasi di Grand Citra Residence, Depok ini menjual berupa kain Batik Pekatan dan produk ready to wear. Bersama Pertamina, Batik Pekatan sudah dua kali mengikuti event yaitu Pertamina Smexpo 2021 dan Adiwastra sebagai mitra binaan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA  – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen dalam memajukan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang sudah dilakukan dengan berbagai program.

Salah satunya adalah melalui pengembangan sistem pendampingan terintegrasi pada skema pembiayaan, program pembinaan, pelatihan dan peningkatan pemasaran.

Iftitakhiyah (39) adalah pemilik usaha Batik Pekatan yang baru dirintis di tahun 2019 tepat beberapa bulan sebelum pandemi.

Ide bisnis hingga nilai seni ini sudah dimiliki turun temurun dari keluarganya yang juga datang dari pengusaha batik.

Baca juga: Tembus Pasar Global, Mitra Binaan Pertamina Kopi Geulis Ekspor Hingga ke Cina

Sejumlah produk Batik Pekatan yang merupakan mitra binaan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat. PT Pertamina JBB terus berkomitmen dalam memajukan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
Sejumlah produk Batik Pekatan yang merupakan mitra binaan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat. PT Pertamina JBB terus berkomitmen dalam memajukan Usaha Mikro dan Kecil (UMK). (Dok PT Pertamina (Persero) Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat)

Batik adalah kain yang dilukis dengan cairan lilin malam menggunakan alat bernama canting sehingga di atas kain tersebut terdapat lukisan bernilai seni tinggi.

Saya terlahir dari keluarga pengusaha batik di Pekalongan. Keinginan memiliki usaha batik tulis makin menguat di saat kami melihat bahwa kondisi artisan batik tulis yang menghadapi tantangan kuat dengan adanya gempuran industri kain printing motif "menyerupai" batik dan impor bahan serupa batik," ucap Iftitakhiyah.

"Dengan usaha Batik Pekatan yang kami rintis ini, saya berharap bisa menjaga asa para artisan batik tulis untuk terus berkarya dan memperluas pasarnya,” katanya.

Dalam pembuatan kain batik, tentunya diperlukan teknik khusus supaya kain tersebut menghasilkan lukisan bernilai seni tinggi.

Baca juga: Omzet Turun 90 Persen Awal Pandemi, Mitra Binaan Pertamina Bangkit dan Ekspansi Usaha ke Mancanegara

Untuk itu, Batik Pekatan dibuat oleh pengrajin sampai dengan desainer terpilih.

Iftitakhiyah mempekerjakan 3 pengrajin di Pekalongan, Cirebon dan Lasem, misi nya ingin mengangkat wastra batik pesisir dari tiga negeri tersebut dan 2 karyawan desainer dan penjahit untuk collection ready to wear.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved