Omzet Turun 90 Persen Awal Pandemi, Mitra Binaan Pertamina Bangkit dan Ekspansi Usaha ke Mancanegara

menjadi Mitra Binaan Pertamina, Enyas Sofia mendapat tambahan modal usaha, pemasaran produk secara gratis, pelatihan usaha dan ikuti bazar online.

istimewa
Produk kerajinan tangan dari sofia handycraft yang dimiliki Enyas Sofia. Sofia handycraft merupakan mitra binaan Pertamina yang mampu bangkit dari anjloknya omzet usaha akibat pandemi Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDUNG - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen mendukung perekonomian mikro dan kecil di semua sektor pada mitra binaannya.

Enyas Sofia, perempuan kelahiran Garut 1970 ini merupakan pemilik usaha kerajinan tangan dengan akun instagram @sofia_handycraft.

Berawal dari hobi membuat kerajinan tangan yang di aplikasikan pada gelas sampai vas bunga ternyata membuka jalan Enyas untuk memulai membuka bisnis dari kegemarannya.

Tahun 2007, Enyas menjual glass dan vas painting dengan bahan dasar limbah bekas selai yang tidak digunakan lagi. Sampai pada tahun 2009 Enyas mencoba peruntungannya di bidang yang sama yaitu kerajinan tangan namun menghasilkan produk yang berbeda yaitu aksesoris.

“Kegemaran saya pada kerajinan tangan awalnya hanya sebagai hobby sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk menjadikan ini sebagai peluang bisnis pertama saya yang ternyata peminatnya cukup banyak,” jelas Enyas.

Hingga tahun 2018, usaha Enyas berkembang pesat dan mencapai omzet Rp 90 juta per tahun dengan 23 orang karyawan.

Dari usahanya, ia dapat menghasilkan produk seperti bross, kalung, gelang, hingga strap mask yang sedang trend selama pandemi di semua kalangan.

Produk yang di hasilkan dari usahanya ternyata menarik banyak perhatian konsumen salah satunya aksesoris kalung atau home decor yang terbuat dari tepung ketan.

Harga dari produk yang dijual bervariasi, mulai dari Rp 18.000 sampai Rp 1.800.000.

Pada awal 2019, pandemi Covid-19 mulai menerjang dunia tidak terkecuali Indonesia. Pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah untuk dilewati bagi setiap pengusaha.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved