Pertamina Dorong UMKM Go Global, Mitra Binaan Souvenir Onicraft Masuk Pasar Internasional

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memiliki tanggung jawab dan terus berkomitmen mendukung perekonomian mikro dan kecil.

istimewa
Produk souvenir 3 Dimensi dari mitra binaan Pertamina, yakni Oniecraft. 

WARTAKOTALIVE.COM - Sebagai bagian dari salah satu BUMN terbesar di Indonesia, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memiliki tanggung jawab dan terus berkomitmen mendukung perekonomian mikro dan kecil, salah satunya dalam menjalin kemitraan dan pembinaan.

Melalui Program Kemitraan, komitmen tersebut coba diwujudkan PT Pertamina sebagai bentuk komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Salah satunya Mitra Binaan Oniecraft, wirausaha souvenir 3 Dimensi (3D) dan merchandise ini diharapkan bisa lebih eksis lagi dalam memasarkan karya di pasar internasional dengan mengikuti program kemitraan tersebut.

Berlokasi di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Oniecraft selalu menjadi wakil dari Indonesia dalam setiap pameran di kancah internasional, seperti Dubai Expo dan masih banyak lagi.

Produk souvenir 3 Dimensi dari mitra binaan Pertamina, yakni Onicraft.
Produk souvenir 3 Dimensi dari mitra binaan Pertamina, yakni Onicraft. (istimewa)

Pemilik Oniecraft Yosephine Erliani Onie mengatakan, Oniecraft hadir ditahun 2000 berawal sebagai pengajar kerajinan seni 3 Dimensi Papertole yaitu seni kerajinan tangan yang mengkreasikan sekumpulan kertas bergambar 2 dimensi yang serupa menjadi gambar yang terlihat 3 dimensi.

Seiring waktu, terdapat permintaan untuk karya yang sudah jadi, maka dibuat menjadi souvenir 3D dengan Brand Oniecraft pada tahun 2010.

"Pada akhir 2010, saya langsung memulai pameran, dari situ kami lama-lama mulai dikenal, sering diundang mengisi pameran," ujar Yosephine.

Oniecraft sudah masuk dalam binaan Pertamina pada 2014. Saat itu Pertamina membantu dalam pembiayaan dan pelatihan, hingga akhirnya Oniecraft mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia pada pameran internasional, Inacraft.

Produk souvenir 3 Dimensi dari mitra binaan Pertamina, yakni Oniecraft.
Produk souvenir 3 Dimensi dari mitra binaan Pertamina, yakni Oniecraft. (istimewa)

Selain itu, Oniecraft mulai eksis mengekspor kebutuhan souvernir 3D dan merchandise ke luar negeri seperti Jepang, Spanyol, China. Termasuk untuk kebutuhan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di antaranya, KBRI Moskow, KBRI Turki, KBRI Mesir, KBRI Protugal, dan masih banyak lagi.

Adapun untuk harga souvernir Onicraft bervariasi, mulai dari harga Rp 200.000 hingga Rp 2 juta. Sedangkan untuk merchandise, mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu, semua dapat dilihat pada www.oniecraft.com.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved