Tembus Pasar Global, Mitra Binaan Pertamina Kopi Geulis Ekspor Hingga ke Cina

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus melakukan pendampingan, pembinaan, pelatihan dan pemberian promosi ke UMK mitra binaan.

istimewa
Kopi Geulis, salah satu UMK Mitra Binaan Pertamina yang tembus pasar global dan kerap menjuarai event kopi berskala internasional. 

WARTAKOTALIVE.COM - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus melakukan pendampingan, pembinaan, pelatihan yang terarah serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar dalam ajang pameran kepada UMK (Usaha Mikro dan Kecil) Mitra Binaan.

Ai Awang Hayati (45) pemilik kedai Kopi Geulis, salah satu UMK Mitra Binaan Pertamina yang sebelumnya merintis sebuah usaha berupa warung kedai biasa pada Desember 2017 dan sampai akhirnya mulai merintis usaha pengolahan kopi sampai kedai kopi sejak 2018.

Berawal dari mengikuti program penghijauan di Gunung Manglayang di Kabupaten Sumedang yang memiliki kawasan tanaman kopi.

“Jadi saya berpikir ingin membangun usaha dengan cara mengolah kopi yang dihasilkan dari petani secara langsung dan saya beli 1 kg kopi pilihan untuk di sangrai, ternyata pelanggan warung kedai lebih menyukai kopi kemasan, sehingga di buka lah kedai Kopi Geulis.” ujar Ai Awang dalam keterangan resmi Pertamina, Sabtu (5/2/2022).

Kopi Geulis, salah satu UMK Mitra Binaan Pertamina yang tembus pasar global dan kerap menjuarai event kopi berskala internasional.
Kopi Geulis, salah satu UMK Mitra Binaan Pertamina yang tembus pasar global dan kerap menjuarai event kopi berskala internasional. (istimewa)

Kedai Kopi Geulis yang berlokasi di Jalan Raya Tanjungsari No. 235 Sumedang telah menghasilkan beberapa jenis kopi yaitu kopi kemasan yang sudah disangrai dan kopi per cup untuk dikonsumsi secara langsung.

Harga untuk per produk pun berbeda. Untuk kopi per cup di banderol mulai dari Rp 10.000 – Rp 15.000 dan kopi kemasan mulai dari Rp 30.000 – Rp 70.000 per 100g.

“Omset usaha yang saya jalani ini cukup menjanjikan melihat pangsa pasar di Kota Sumedang. Namun sejak Covid-19, usaha kami mengalami penurunan omset yang sangat signifikan sampai dengan 70 persen,” tutur Ai Awang.

Selama menjadi Mitra Binaan Pertamina, belasan kilogram kopi di roasting dan pemasaran sampai ke luar kota telah ditempuh.

Tidak hanya itu, Kopi Geulis juga pernah melakukan ekspor kopi dengan sistem hand carry ke negeri China pada Oktober 2020.

Kopi Geulis, salah satu UMK Mitra Binaan Pertamina.
Kopi Geulis, salah satu UMK Mitra Binaan Pertamina. (istimewa)

Adapun beberapa event yang telah diikuti Kopi Geulis seperti Gold Class Coffee sebagai juara pertama (2019), Coffee and Chocolate Expo di South Africa (2019), Indonesian Coffee Day di Uzbekistan (2019), dan One Day with Indonesian Coffee di Maroko (2021) yang telah disponsori oleh PT Pertamina.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved