Breaking News:

Virus Corona

Pandemi Melandai, Epidemiolog UGM Duga 80 Persen Penduduk Indonesia Sudah Terinfeksi Varian Delta

Program vaksinasi sekarang ini sudah menyentuh di 208 juta yang sudah divaksinasi, dan 88 juta di antaranya sudah mendapat dosis vaksin lengkap.

Editor: Yaspen Martinus
unsplash/Viktor Forgacs
Epidemiolog UGM Citra Indriani menduga sekitar 80 persen penduduk Indonesia telah terinfeksi oleh varian Covid-19 Delta. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Epidemiolog UGM Citra Indriani menduga sekitar 80 persen penduduk Indonesia telah terinfeksi oleh varian Covid-19 Delta.

Sebab, kini jumlah kasus positif Covid-19 menurun drastis, karena terbentuknya imunitas kelompok secara alamiah.

Artinya, tubuh memiliki antibodi yang spesifik untuk strain virus tertentu.

Baca juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 RI 20 November 2021: Dosis Pertama 134.614.136, Suntikan Kedua 89.426.870

Dalam keterangannya Citra menambahkan, percepatan program vaksinasi juga dilakukan dengan harapan meminimalkan tingkat keparahan apabila terinfeksi kembali.

“Infeksi covid lebih dari 50 persen adalah asimtomatis, mungkin 80 persen penduduk kita telah terinfeksi (varian) Delta."

"Namun, kalau sudah terinfeksi sedemikian banyak, apakah sudah memiliki imunitas kelompok dan tidak ada ancaman gelombang ketiga?"

Baca juga: PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Komunitas Warteg Nusantara: Vaksinasi Tak Bisa Kendalikan Covid-19?

"Sebagian besar infeksi natural membentuk antibodi yang spesifik untuk virus atau strain virus yang menginfeksi, tidak untuk strain yang lain."

"Sehingga, imunitas alamiah yang terbentuk saat ini mungkin tidak bisa kita andalkan apabila kita kedatangan strain yang baru,” kata Citra, Sabtu (20/11/2021).

Selain faktor imunitas alamiah pasca terinfeksi terbentuk, program vaksinasi sekarang ini sudah menyentuh di 208 juta yang sudah divaksinasi, dan 88 juta di antaranya sudah mendapat dosis vaksin lengkap.

Baca juga: Polri Bakal Lakukan Penyekatan Lagi Saat Libur Nataru, Menko PMK Sebelumnya Bilang Tidak Ada

“Saya kira vaksinasi mempunyai peran besar untuk mencegah bentuk parah sakit, karena meskipun sudah divaksin, masih punya potensi terinfeksi dan menjadi sakit."

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved