Jejaring Menang Bersama Rangkul Masyarakat Beradaptasi saat Pandemi dan Menjalani Transisi kehidupan

Pandemi Covid-19 melahirkan banyak komunitas atau wadah bersama untuk saling menguatkan.

shutterstock via Kompas.com
Foto Ilustrasi: Berkomunikasi tatap muka dengan masker di masa pandemi Covid-19. 
WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Pandemi Covid-19 melahirkan banyak komunitas atau wadah bersama untuk saling menguatkan.
Ketika kasus positif terus menurun, wadah itu terus dipertahankan dan tetap berkegiatan.
Seperti yang dilakukan Jejaring Menang Bersama yang mengadakan Festival Menang Bersama
Rangkaian Festival Menang Bersama digelar di Rumah Wijaya, mulai Kamis 11 November hingga Minggu 14 November 2021 secara hybrid dengan lokasi utama di Rumah Wijaya, Jalan Wijaya V nomor 6, Jakarta Selatan. 
Festival ini diadakan oleh Jejaring Menang Bersama, Pemimpin.id, Paragon Technology & Innovation, dan Ganara Art untuk mempertemukan kolaborator dari berbagai inisiatif baik sekaligus merayakan kolaborasi dengan semangat Menang Bersama.
Menang Bersama sendiri adalah gerakan sekaligus pesan kepedulian dan kerelawanan yang digagas oleh berbagai organisasi dan komunitas yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk memperluas praktik baik ke lapisan masyarakat Indonesia.
Misi Menang Bersama sendiri adalah mewujudkan kolaborasi berkelanjutan yang mendorong perubahan untuk Indonesia Menang Bersama. 
Ada tiga nilai yang menjadi dasar dari Gerakan Menang Bersama, yakni koneksi, kolaborasi dan cipta Bersama.
Koordinator Jejaring Menang Bersama Tita Djumaryo mengungkapkan, tujuan digelarnya festival ini adalah untuk memperluas pemahaman tentang Gerakan #MenangBersama yang digaungkan oleh Jejaring Menang Bersama.
“Kita ingin kolaborator-kolaborator yang sudah bergabung kembali terkoneksi dan mendapatkan sebuah pemahaman bahwa visi kita sebetulnya satu," ujar Tita, yang juga merupakan Founder Ganara Art dan Yayasan Ganara Mariberbagi Seni, dalam jumpa pers yang digelar di Rumah Wijaya, Jumat (12/11/ 2021) 
"Jadi harapannya di sini kita bisa bertemu dan menuangkan ide-ide untuk menjadi sebuah visi dan misi utama di 2022 dan selanjutnya, sehingga akhirnya bisa berjalan untuk Menang Bersama,” imbuhny.
Rangkaian Festival Menang Bersama diawali dengan Deklarasi Menang Bersama yang dihadiri oleh 10 kolaborator pada 11 November 2021 lalu. 
Pada acara deklarasi ini, para kolaborator menyamakan visi misi mereka untuk menuju Menang Bersama.
“Harapannya kita bisa sama-sama melihat bahwa menang bersama tidak hanya terdiri dari tiga pilar seperti Vaksinasi untuk Semua, Kesehatan Mental dan Pendidikan Berkelanjutan saja, tapi juga mencakup semua perjuangan yang akan mendorong Indonesia untuk bangkit kembali," kata Tita.
Setelah digelar festival ini harapannya bisa membuat gebrakan yang lebih besar lagi serta membuat dampak yang lebih menyeluruh.
Selain menjadi ajang temu kolaborator, dalam Festival Menang Bersama juga diluncurkan situs menangbersama.id. 
Situs tersebut hadir untuk menjadi wadah informasi bagi kolaborator juga menginformasikan beragam cerita-cerita kebaikan, program-program kolaborasi #MenangBersama, hingga berdonasi.
“Harapannya situs ini bisa memberikan informasi dan kabar baik dari upaya Bersama, mempermudah kolaborator, calon kolaborator atau masyarakat umum yang ingin mengetahui program-program kita serta juga mempermudah kesempatan untuk mencari partner dalam berkolaborasi,” ujar Tita. 
Dalam jumpa pers tersebut hadir juga Direktur PT. Silicon Valley Connection Edward Setiawan sebagai perusahaan teknologi informasi yang mengerjakanpembuatan situs menangbersama.id.
Keseruan lainnya di Festival Menang Bersama yakni terdapat ekshibisi yang di dalamnya menyajikan cerita kolaborator lewat media visual dan tulisan yang memperkenalkan para figur kolaborator dan praktik baik yang telah dilakukan selama pandemi, juga beragam aksi kolaborasi yang telah dilakukan untuk #MenangBersama. 
Selain itu, ada juga garage sale bersama Sadari Sedari. 
Selain itu #MenangBersama berkolaborasi dengan Waste4Change, Mandala Workshop bersama Ganara Art, pertunjukan spesial dari Puppetaria, hingga meditasi virtual.
Acara ini digelar dengan mematuhi protokol kesehatan juga berkolaborasi dengan aplikasi Antrique untuk mendata jumlah pengunjung.
Informasi selengkapnya kunjungi akun instagram @jejaringmenangbersama. 
Tentang Menang Bersama
Lahir dari kegelisahan atas meningkatnya kasus Covid-19, #JejaringMenangBersama menjadi wadah kolaborasi untuk mempercepat proses pemulihan bangsa. 
Pada akhir Agustus 2021 lalu, kasus Covid-19 mengalami penurunan signifikan. Kasus aktif tadinya 500.000 kini telah menjadi 38,652. 
Walau begitu, masyarakat tetap diingatkan untuk terus waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya kembali kenaikan kasus. 
Merespon hal tersebut, #JejaringMenangBersama akan terus menggaungkan semangat menang bersama untuk merangkul masyarakat beradaptasi saat pandemi dan menjalani transisi kehidupan dengan semangat juang yang tiada habisnya. (*)
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved