Breaking News:

Uji Emisi

Dinas Perhubungan DKI Minta Pemilik Kendaraan Segera Uji Emisi, Sebelum Sanksi Tilang Diterapkan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo meminta pemilik kendaraan segera uji emisi, sebelum sanksi tilang diterapkan.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Ilustrasi - Pemilik kendaraan antusias mengikuti uji emisi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menunda pemberlakuan sanksi uji emisi atau tilang emisi.

Apabila awalnya ditetapkan mulai 13 November 2021, kini menjadi Januari 2022.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo tetap mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan uji emisi bagi kendaraan bermotor milik mereka, meskipun Pemprov DKI Jakarta menunda pelaksanaan sanksi tilang emisi bagi kendaraan yang belum melakukan uji emisi.

Baca juga: Yana Aditya Fokus Jalankan Tiga Program Utama untuk Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan Transjakarta

"Kami imbau bagi kendareaan di DKI Jakarta segera melakukan uji emisi. Perpanjangan waktu sosialisasi itu sasarannya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan uji emisi," ucap Syafrin, Selasa (09/11/21).

Ia menilai saat ini ada sejumlah tempat uji emisi di Jakarta, termasuk program dari Dinas Lingkungan Hidup yang diharapkan bisa dioptimalkan oleh masyarakat untuk menguji emisi kendaraannya.

"Pada waktu yang ditetapkan, akan diberlakukan penegakan hukum tilang emisi. Harapannya, pada waktu yang ditetapkan seluruh kendaraan bermotor di DKI Jakarta sudah lulus uji emisi," ucapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah kendaraan bermotor jenis mobil yang telah melakukan uji emisi pada 2020 ada sekitar 13.000 unit, dan saat ini sudah mencapai sekitar 300.000 unit.

Meski demikian, jumlah ini masih di bawah satu persen dari seluruh kendaraan bermotor di DKI Jakarta yakni sekitar 16 juta unit.

Baca juga: Polres Metro Jakarta Barat Tangkap Puluhan Pengedar dan Pemakai Narkoba Lewat Operasi Nila

Menurutnya, kendaraan yang telah melakukan uji emisi meskipun jumlahnya masih di bawah satu persen, tapi sudah ada peningkatan kesadaran untuk memenuhi syarat kelayakan kendaraannya.

Sementara itu, pemilik kendaraan terlihat antusias mengikuti uji emisi di Bengkel Suzuki Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/11/2021). 

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved