Breaking News:

Musik

Simak Pesan Erwin Gutawa Jika Ingin Memantapkan Karir dan Menentukan Langkah Jitu Sebagai Musisi

Erwin Gutawa, yang dikenal sebagai orkestrator, komposer hingga musisi, memantapkan hatinya berkarya sebagai musisi sejak kuliah.

istimewa
Musisi Erwin Gutawa dan Beboy yang dikenal sebagai vokalis Band LaidThisNite berbincang bersama Direktur Komunikasi dan Riset FESMI Jeane Phialsa, berbincang virtual, Jumat (1/10/2021). Saat itu Erwin Gutawa dan Beboy menjadi pembicara diskusi DIKSI Maraton Episode 1 garapan FESMI dengan topik Memulai Karir Musisi dan Menentukan Langkah Jitu dari Berbagai Sisi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Industri musik sekarang terkesan memanjakan para musisi untuk berkarya.

Namun, meski terkesan mudah, musisi tidak bisa sembarangan memasarkan karyanya.

Mengutip Jeane Phialsa, moderator yang juga musisi dan penabuh drum, sekarang era musik indie yang produksi hingga promosi musiknya bisa dikerjakan sendiri.

Baca juga: Dari Survai 1.400 Musisi Indonesia, FESMI: Hanya 3,5 Persen Dapat Honor Rp 15 Juta-Rp 20 Juta/Bulan

Baca juga: Sejak Ada Covid-19, FESMI Mencatat Ada 3 Kelompok Musisi di Indonesia: Mapan, Pas-pasan dan Rentan

Meski 'mudah' dan bisa dikerjakan sendiri, para musisi tetap tidak bisa asal bermusik indie.

Keyakinan dan pilihan berkarya sebagai musisi harus diputuskan dari dalam hati, bukan karena faktor lain.

Erwin Gutawa, yang dikenal sebagai orkestrator, komposer hingga musisi bahkan anak band itu, bahkan memantapkan hatinya berkarya sebagai musisi sejak masih kuliah.

Musisi Erwin Gutawa saat berbincang virtual, Jumat (1/10/2021). Saat itu Erwin Gutawa menjadi pembicara diskusi DIKSI Maraton Episode 1 garapan FESMI dengan topik Memulai Karir Musisi dan Menentukan Langkah Jitu dari Berbagai Sisi.
Musisi Erwin Gutawa saat berbincang virtual, Jumat (1/10/2021). Saat itu Erwin Gutawa menjadi pembicara diskusi DIKSI Maraton Episode 1 garapan FESMI dengan topik Memulai Karir Musisi dan Menentukan Langkah Jitu dari Berbagai Sisi. (istimewa)

Sambil kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Erwin Gutawa juga bermain musik dan membentuk band.

Bermusik untuk bekerja? Saat itu belum. Erwin Gutawa bermusik hanya sekedar hobi saja, meski sekarang adalah pilihan hidupnya.

"Saya bukan yang benar-benar kuliah musik. Namun bermain musik, terutama bass, sejak masih SD," kata Erwin Gutawa, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Mendengar Suara Burung dan Jangkrik Mengudara hingga Musik Orkestra Erwin Gutawa di Forestra 2019

Baca juga: Erwin Gutawa Garap Album Symphonesia, Libatkan 60 Musisi Orkestra Synchron Stage Orchestra di Vienna

Saat itu Erwin Gutawa jadi pembicara diskusi DIKSI Maraton Episode 1 garapan FESMI dengan topik Memulai Karir Musisi dan Menentukan Langkah Jitu dari Berbagai Sisi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved