Formula E

Besok Rapat Paripurna, PDI Perjuangan Bantah Tudingan soal Interpelasi Formula E Langgar Tatib

PDI Perjuangan menyatakan, setiap anggota Badan Musyawarah (Bamus) berhak mengajukan agenda dalam rapat, di luar agenda yang dijadwalkan pimpinan.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi usai rapat Bamus di kantornya, Senin (27/9/2021) mengatakan, rencananya rapat paripurna digelar Selasa (28/9/2021) pukul 10.00. Foto dok: Prasetyo Edi Marsudi saat memantau saluran air di Jalam Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta membantah tudingan koleganya soal rencana rapat paripurna interpelasi Formula E yang dinilai melanggar tata tertib (tatib).

PDI Perjuangan menyatakan, setiap anggota Badan Musyawarah (Bamus) berhak mengajukan agenda dalam rapat, di luar agenda yang dijadwalkan pimpinan.

“Tadi diminta pendapat kepada yang hadir ada tujuh fraksi dan tidak ada penolakan,” kata anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak berdasarkan keterangannya pada Senin (27/9/2021).

Menurutnya, agenda interpelasi itu bukan inisiatif pimpinan DPRD DKI Jakarta, tapi atas usulan anggota Bamus yang hadir dalam rapat pada Senin (27/9/2021) pagi tadi.

Lantaran tidak ada penolakan, diputuskan rapat interpelasi Formula E dapat digelar pada Selasa (28/9/2021).

“Tidak ada hal semena-mena di situ, tapi yang terjadi adalah mereka yang anggota Bamus mewakili fraksinya tidak menolak dan sebagian tidak hadir di rapat Bamus tadi,” jelas Gilbert.

Baca juga: DPRD DKI Dijadwalkan Menggelar Paripurna Interpelasi untuk Membahas Formula E pada Selasa (28/92021)

Baca juga: DPRD DKI Jadwalkan Panggil Anies Lewat Paripurna Interpelasi Formula E Selasa Besok

Kata Gilbert, tidak ada hal yang istimewa dalam rapat Bamus tadi sampai akhirnya diputuskan bakal menggelar rapat paripurna interpelasi.

Gilbert meminta kepada koleganya untuk memakai forum paripurna dalam menyampaikan pendapatnya, dibanding berbicara di hadapan media.

“Hal tersebut dapat disampaikan dalam pandangan umum sikap fraksi tersebut. Ini sesuai tujuan berdemokrasi,” ujar Gilbert yang juga menjadi anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta menilai, jadwal agenda paripurna interpelasi Formula E yang rencananya digelar pada Selasa (28/9/2021) menyalahi aturan.

Baca juga: INAYES Yakini Ajang Balap Formula E Gairahkan Pariwisata Jakarta

Sebab dalam rapat penyusunan jadwal di Badan Musyawarah (Bamus) pada Senin (27/9/2021), agenda pembahasan paripurna interpelasi Formula E tidak tertera.

“Dalam rapat Bamus yang dibuat undangannya oleh Ketua (DPRD DKI Jakarta) itu nggak ada menentukan jadwal agenda paripurna interpelasi. Berarti kalau memang muncul (soal interpelasi), itu berarti menyalahi tata tertib,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani saat dikonfirmasi pada Senin (27/9/2021).

Yani mengaku terkejut ketika pimpinan dewan memutuskan, bahwa rapat interpelasi Formula E bakal digelar besok atau Selasa (28/9/2021) berdasarkan rapat Bamus.

Sebab yang dia tahu, agenda Bamus saat itu membahas soal rencana rapat Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2021.

Baca juga: PSI Tegaskan Pernyataan Giring soal Formula E Adalah Kebenaran Bukan Ujaran Kebencian

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved