Breaking News:

Azis Syamsuddin

Meutya Hafid Dianggap Salah Satu Calon yang Pantas Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPR RI

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, telah ditahan dan ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka suap pengurusan DAK Lampung Tengah tahun 2017.

Editor: Sigit Nugroho
Tribunnews/Jeprima
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid saat melakukan wawancara khususs dengan tim Tribunnews di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019). Pada kesempatan tersebut Meutya berbagi pengalamannya selama masih menjadi seorang jurnalis dan kecintaanya kepada hewan peliharaanya kucing dan burung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, telah ditahan dan ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka suap pengurusan DAK Lampung Tengah tahun 2017.

Kini, DPR RI sedang mencari pengganti sosok untuk mengisi posisi Azis.

Terkait itu, pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, mengatakan bahwa terdapat beberapa nama politisi Partai Golkar yang dapat menggantikan posisi Azis sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Qodari menyatakan bahwa setidaknya ada 6 sampai 7 nama kandidat politisi Partai Golkar yang disebutkannya dapat menggantikan posisi tersebut.

"Nah siapa saja nama-nama yang beredar, kalau saya melihat dan mendengar ya ada sekitar 6 sampai 7 nama lah," kata Qodari kepada Tribunnews.com, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Drama Azis Syamsuddin Saat Ditangkap KPK, Kirim Surat Minta Pemeriksaan Ditunda karena Sedang Isoman

Baca juga: Azis Syamsuddin Tetap Kader Partai Golkar, Adies Kadir: Hanya Nonaktif Sementara Waktu

Baca juga: Menjadi Tersangka Kasus Suap, Azis Syamsuddin Lepas Jabatan Sebagai Wakil Ketua DPR RI Fraksi Golkar

Kandidat pertama kata dia yakni, politisi bernama Kahar Muzakir yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR RI.

Kemudian, politisi Adies Kadir yang merupakan Sekretaris Fraksi Golkar.

Politisi ketiga, Melchias Markus Mekeng yang pernah menjadi bagian dari Tim Kesuksesan (timses) Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Selanjutnya, jika melihat dari posisi kedudukan Azis Syamsuddin di DPR RI yang mengkoordinir komisi bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), maka muncul nama Ahmad Doli Kurnia.

"Kemudian yang bidang politik juga adalah Ahmad Doli Kurnia Tandjung senior juga di Golkar," ujar Qodari.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved