Breaking News:

Operasi SAR

3 Pendaki Terjebak di Gunung Rakaposhi, Pakistan Kerahkan Operasi SAR yang Sulit di Bunda Awan

Tiga pendaki terjebak cuaca buruk di dekat puncak Gunung Rakaposhi (7.788m) hingga Pakistan mengerahkan operasi SAR yang sulit.

istimewa
Gunung Rakaposhi (7.788m) merupakan salah satu gunung indah yang ada di jajaran Pegunungan Karakoram, Pakistan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Pakistan mengerahkan operasi SAR gunung tinggi yang sulit untuk menolong tiga pendaki yang terjebak cuaca buruk dekat puncak Gunung Rakaposhi (7.788m), Senin (13/9/2021).

Tiga pendaki yang terdiri dari seorang warga negara Pakistan dan dua warga negara Republik Ceko mengalami masalah di suatu titik pada ketinggian antara 6.700 sampai 6.900m di Rakaposhi. 

Mereka dalam perjalanan turun saat mengirimkan sinyal darurat dan meminta bantuan untuk diselamatkan, setelah kemarin mencapai puncak gunung.

Tiga pendaki yang terjebak di Gunung Rakaposhi (7.788m), Pakistan.
 Wajidullah Nagri (Pakistan), Peter Macek, dan Jakub Vicekiga (Rep Ceko), tiga pendaki yang terjebak di Gunung Rakaposhi (7.788m), Pakistan. (istimewa)

Wajidullah Nagri, salah satu pendaki, menjadi pendaki Pakistan kedua yang mencapai puncak Rakaposhi, setelah Sher Khan mencapainya lebih dari 40 tahun yang lalu.

Baca juga: Misteri Pendaki Gunung Lawu Sebelum Ditemukan Meninggal Dunia, Telanjang Dada dan Bawa Kayu Bakar

Dua pendaki lainnya yaitu Peter Macek dan Jakub Vicek berasal dari Republik Ceko.

Situs Explorersweb.com melaporkan, pada pukul 5 sore waktu setempat kemarin, Nagri mengirim sms kepada keluarganya untuk mengatakan bahwa mereka baru saja mulai turun dari atas.

Mereka lalu mengirim SOS sekitar sore atau malam ini.

Operasi penyelamatan udara harus menunggu setidaknya sampai besok karena hari sudah gelap di Pakistan.

Baca juga: Hubungan dengan Amerika Serikat Memburuk, Pakistan Dipasok Senjata oleh Cina, Berikut Ini Daftarnya

Beberapa media menyatakan bahwa mereka mungkin telah mendaki Rakaposhi melalui rute baru, tetapi ini belum dikonfirmasi.

Laporan sebelumnya menyatakan bahwa para pendaki meninggalkan Base Camp pada 1 September melalui The South Ridge atau punggungan selatan. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved